Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TRAVEL] Kebun Mangrove Surabaya | Jembatan Item Jatinegara

KOMPAS.com - Selama sepekan, tepatnya dari hari Rabu (26/7/2023) hingga Rabu depannya (2/8/2023), terdapat sejumlah artikel di kanal Travel di laman Kompas.com yang menarik perhatian pembaca.

Artikel-artikel tersebut bervariasi, mulai dari Kebun Raya Mangrove Surabaya yang baru saja diresmikan hingga harga tiket pesawat murah dari Jakarta ke destinasi tertentu. 

  • [POPULER TRAVEL] Masa Berlaku Paspor 6 bulan | Big Bad Wolf 2023
  • [POPULER TRAVEL] Konser Coldplay di GBK | KTT ASEAN 2023

Berikut kumpulan sejumlah artikel tersebut beserta tautan ke artikel selengkapnya:

Diresmikan pada Rabu (26/7/2023), Kebun Raya Mangrove Surabaya termasuk tempat wisata baru di Surabaya, Jawa Timur. Peresmian tempat wisata seluas 34 hektar ini dilakukan oleh Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Di kebun raya tematik mangrove pertama di Indonesia ini, wisatawan bisa melakukan sejumlah aktivitas, antara lain ikut edukasi mangrove, berolahraga di jogging track, dan berfoto di sejumlah spot Instagramable.

Pasar Taman Puring di Jakarta Selatan termasuk salah satu tempat berburu barang bermerek dengan harga relatif terjangkau. Diperkirakan sudah ada sejak tahun 1960-an, pasar ini menjajakan sejumlah barang, di antaranya sepatu, jersey, celana olahraga, kamera, dan jam tangan.

Bila ingin berbelanja di pasar ini, pengunjung diimbau menawar harga dan memperhatikan kualitas barang yang hendak dibeli. Bila perlu, jangan malu bertanya kepada pedagang. 

Pasar loak Jembatan Item Jatinegara juga dikenal sebagai Pasar Loak Jatinegara, Jakarta Timur. Sesuai namanya, pedagang di pasar ini menjajakan barang-barang bekas, mulai dari sepatu, buku, hingga jam tangan. 

Puas berburu "harta karun" di pasar ini, wisatawan bisa lanjut menginap di sejumlah akomodasi yang lokasinya berdekatan. Tarifnya mulai RP 124.000.

Bila hendak bepergian Yogyakarta atau Solo, salah satu moda transportasi yang bisa dinaiki adalah KRL. Beroperasi hingga malam hari, KRL Yogyakarta-Solo berhenti di sejumlah stasiun, antara lain Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Palur.

Jadwal terbaru KRL Yogyakarta-Solo per Agustus 2023 selengkapnya dapat dilihat di artikel ini.

Sekitar bulan Juli 2023 lalu, terjadi sejumlah kecelakaan yang melibatkan kapal wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satunya adalah KLM Teman Baik yang tenggelam saat mengangkut sembilan orang wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia di perairan Pink Beach.

Berangkat dari peristiwa tersebut, sejumlah langkah tengah diupayakan, antara lain pelaku usaha kapal wisata wajib memiliki kantor di Labuan Bajo dan adanya check-in satu pintu untuk kapal-kapal wisata.

Naik pesawat menjadi salah satu cara termudah ke Singapura, khususnya bila dari Jakarta.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com di beberapa agen perjalanan daring (OTA) dan situs web maskapai penerbangan, harga tiket pesawat termurah Jakarta-Singapura mulai dari Rp 400.000 dengan naik AirAsia. 

Informasi terkait perkiraan waktu dengan harga tiket pesawat termurah, ditambah harga tiket pesawat Singapura-Jakarta bisa dilihat di tautan ini.

Pada akhir Juli 2023, suhu udara di Dieng, Jawa Tengah, sedang dingin-dinginnya, bahkan bisa mencapai -5 derajat Celsius. Hal tersebut bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki yang ingin menjelajahi sejumlah gunung di sekitar Dieng, salah satunya Gunung Bismo.

Dengan demikian, pendaki diimbau untuk mengantisipasi suhu tersebut dengan membawa jaket tebal, baju ganti, dan jas hujan. 

https://travel.kompas.com/read/2023/08/02/182021127/populer-travel-kebun-mangrove-surabaya-jembatan-item-jatinegara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke