Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara ke Bandara SMB II Palembang, Bisa Naik LRT 

KOMPAS.com - Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II merupakan bandara yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya berada di Jl. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Talang Betutu, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Bandara ini berjarak sekitar 17 kilometer (km) atau 40 menit dari pusat Kota Palembang. Ada sejumlah transportasi yang dapat mengantarkan penumpang dari dan ke Bandara SMB II Palembang. 

  • Telok Abang, Tradisi Asal Palembang yang Hanya Ada Saat 17 Agustus
  • Palembang Targetkan 2,2 Juta Kunjungan Wisatawan Selama 2023

Nama bandara ini diambil dari nama Sultan Mahmud Badaruddin II, seorang pahlawan nasional asal Palembang yang melawan VOC Belanda, berdasarkan informasi dari website Angkasa Pura II. Sultan Mahmud Badaruddin II pernah memimpin Kesultanan Palembang Darussalam periode 1803-1819.

Saat Provinsi Sumatera Selatan terpilih sebagai tuan rumah PON XVI di 2004, pemerintah memperbesar kapasitas bandara sekaligus mengubah statusnya menjadi bandara internasional. Gedung terminal baru Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akhirnya berhasil rampung dan diresmikan pada 1 Januari 1990.

Pada 1 Januari 1970, bandara SMB II Palembang resmi menjadi bandara internasional, sehingga bisa didarati oleh pesawat berbadan besar seperti Airbus A330, Boeing 747, Boeing 777, dan sejenisnya.

Cara ke Bandara SMB II Palembang 

Kompas.com merangkum sejumlah transportasi ke Bandara SMB II Palembang, sebagai berikut.

1. Trans Musi 

Masyarakat dapat memanfaatkan transportasi umum Trans Musi untuk menuju Bandara SMB II Palembang, dan sebaliknya.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @palembangairport, Trans Musi koridor 5 melayani rute Bandara SMB II menuju Terminal Alang-alang Lebar. Dalam perjalanannya, Trans Musi koridor 5 melalui sejumlah pemberhentian, meliputi Halte PDK, Halte Kerajinan Karet, Simp. Griya Hero Abadi, Asrama Haji, dan Halte PDAM Jalan Soekarno-Hatta.

Kemudian berlanjut ke Halte Kantor Camat  Alang-alang Lebar, Halte Perumnas Talang Kelapaa, Halte Citra Grand, Halte RS. Ernaldi Bahar, dan Terminal Alang-alang Lebar.

Trans Musi Koridor 5 beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Waktu tempuh dari Terminal Alang-alan lebar ke Bandara SMB II Palembang sekitar 35 menit.

Perjalanan menuju Bandara Palembang, dan sebaliknya dapat dilayani menggunakan LRT Palembang atau LRT Sumatera Selatan. LRT Palembang berangkat dari Stasiun DJKA menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, dan sebaliknya.

Dalam perjalanannya, LRT Palembang melintasi 13 stasiun pemberhentian. Meliputi, Stasiun  DJKA, Stasiun Jakabaring, Stasiun Polresta, Stasiun Ampera, dan Stasiun Cinde.

Berlanjut ke Stasiun Dishub, Stasiun Bumi Sriwijaya, Stasiun Demang, Stasiun Garuda Dempo, Stasiun RSUD Sumsel, Stasiun Punti Kayu, Stasiun Asrama Haji, dan berakhir di Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

LRT Palembang mulai dibangun pada 2015. Proyek ini merupakan persiapan menyambut Asian Games 2018 di mana Palembang merupakan salah satu tuan rumah.

Jalur LRT Palembang memiliki panjang 23,4 kilometer, yang mayoritas adalah jalur layang. Harga tiket LRT Palembang mulai dari Rp 5.000 hingga RP 10.000 per orang, bergantung rutenya.

  • Rumitnya Pembuatan Kain Songket Palembang, Selembar Bisa 3 Bulan
  • Mengenal Beragam Motif Khas Songket Palembang

3. Angkutan sewa 

Cara menuju Bandara SMB II Palembang selanjutnya adalah menyewa atau rental kendaraan. Keuntungan rental kendaraan adalah, kamu bisa mampir ke beberapa tempat yang dikehendaki, seperti obyek wisata atau toko oleh-oleh.

Jangan khawatir, sebab banyak rental kendaraan di Palembang dan sekitarnya yang bisa kamu jumpai. Ada yang menawarkan jasa sopir maupun hanya menyewakan kendarannya.

Tersedia sejumlah taksi bandara yang akan mengantarkan penumpang dari Bandara SMB II Palembang ke kota-kota di sekitarnya. Taksi bandara SMB II Palembang antara lain, Taksi Balido, Blue Bird, Taksi Primkopau, dan Taksi Starcab, berdasarkan informasi dari website Angkasa Pura II.

Tarif buka pintu taksi bandara adalah Rp 7.000, kemudian tarif per kilometer yakni Rp 5.000. Taksi bandara tersedia selama 24 jam dan siap mengantarkan penumpang ke Kota Palembang dan sekitarnya.

5. Taksi online 

Selain taksi bandara, penumpang bisa memilih taksi online untuk transportasi dari dan ke Bandara SMB II Palembang. Pilihan taksi online antara lain Grab dan Gojek.

Tarif taksi online berbeda-beda bergantung dari jarak yang ditempuh penumpang.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/26/194000227/5-cara-ke-bandara-smb-ii-palembang-bisa-naik-lrt-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke