Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kawasan Wisata Bromo Buka Kembali Seusai Kebakaran Hutan

KOMPAS.com - Kebakaran di dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah berhasil dipadamkan, pada Selasa (5/9/2023). 

Dengan telah berhasil dipadamkannya kebakaran di TNBTS, maka pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan dibuka kembali untuk kunjungan wisata, seperti disampaikan akun Instagram resmi TNBTS (@bbtnbromotenggersemeru). 

"Benar, sudah dibuka semua. Kunjungan Wisata Bromo melalui pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan serta lokasi wisata ke View Point Gunung Penanjakan dan sekitarnya telah dibuka untuk pengunjung sejak Selasa, 5 September 2023 pukul 18.00 WIB".

Demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS, Septi Eka Wardhani, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (6/9/2023). 

Tetap waspada

Namun, kata dia, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata di Kawasan TBTS untuk tetap waspada terhadap potensi kebakaran hutan. Apalagi musim kemarau masih berlangsung. 

"Kondisi musim kemarau yang diprediksi masih akan berlangsung sampai bulan Oktober
2023, masih dapat berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran hutan di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan sekitanya," terang Septi. 

Oleh karena itu, ia juga berpesan agar masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk dapat menjaga Kawasan TNBTS dari kebakaran hutan.

Salah satunya memperhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

"Serta diimbau untuk melaporkan kepada petugas jika menemukan titik api di dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," pesan Septi. 

Tata cara pemesanan online

Bagi pengunjung yang akan melakukan kunjungan wisata, dapat melakukan pemesanan online melalui laman bookingbromo.bromotenggersemeru.org. 

Berikut langkah-langkah pemesanan online wisata ke TNBTS:

1. Buka browser untuk pendaftaran booking online melalui situs bookingbromo.bromotenggersemeru.org

2. Pilih tanggal berangkat dan tanggal pulang

3. Pilih jenis booking

4. Lengkapi biodata, pastikan alamat email dan nomor telpon sudah benar. Konfirmasi pembayaran akan dikirimkan melalui email dan sms ketua kelompok

5. Setelah melakukan pendaftaran, cek kode booking melalui email atau halaman website booking online untuk mendapatkan virtual account

6. Batas waktu pembayaran adalah dua jam setelah pendaftaran. Lebih dari dua jam, kode booking hangus. Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan virtual account

7. Ketua kelompok akan menerima sms dan email bukti pembayaran

8. Petugas akan mengecek konfirmasi booking online di pintu masuk dengan cara scan QR code pada sistem booking online 

https://travel.kompas.com/read/2023/09/06/130800127/kawasan-wisata-bromo-buka-kembali-seusai-kebakaran-hutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke