Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Pantai di Gorontalo yang Terkenal 

KOMPAS.com - Gorontalo menyimpan sejuta pesona pantai yang indah. Bahkan, keindahan pantai di Gorontalo sudah terkenal hingga mancanegara.

Pantai di Gorontalo menawarkan beragam daya tarik, mulai dari hamparan pasir putih, panorama bawah laut, dan sebagainya

  • 7 Wisata Bukit di Gorontalo, Ada Negeri di Atas Awan
  • Wisata Hiu Paus di Gorontalo, Bisa Diving dan Foto Bareng

Kompas.com merangkum wisata pantai di Gorontalo sebagai berikut.

Pantai Olele merupakan destinasi wisata populer di Gorontalo, yang berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Balango, Gorontalo. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 

Melansir situs Direktori Pariwisata, Pantai Olele terkenal dengan keindahan panorama bawah laut. Tak heran jika pantai ini merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia.

Ada sekitar sembilan spot diving paling indah di Pantai Olele. Salah satu yang terkenal adalah spot Goa Jin, dimana terdapat goa sedalam 22 meter.

Daya tarik Pantai Botubarani adalah keberadaan hiu paus. Pengunjung bisa menyaksikan hiu paus di kawasan wisata ini, bahkan bisa foto bareng spesies ikan ukuran besar ini.

Pantai Botubarani yang berada di Desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Kemunculan hiu paus yang sangat dekat dari bibir pantai, yakni sekitar 25 meter. Jadi, wisatawan bisa menyaksikan kemunculan hiu paus dari atas perahu.

Selain itu, perairan Pantai Botubarani cukup jernih, sehingga hiu paus dapat terlihat jelas baik dari permukaan maupun dari dalam air

3. Pantai Kurenai

Lokasi Pantai Kurenai yang tidak begitu jauh dari Kota Gorontalo, menjadikan destinasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Pantai Kurenai terkenal dengan garis pantai yang panjang, seperti dilansir dari Tribun Gorontalo. Selain itu, pantai ini memiliki hamparan pasir putih serta dikelilingi dengan pepohonan rindang.

Dulunya, Pantai Kurenai merupakan lokasi perusahaan budidaya ikan milik investor Jepang ini. Namun, kini sudah tidak beroperasi lagi.

  • Mandi Safar, Tradisi Masyarakat Gorontalo yang Masuk Warisan Budaya Tak Benda
  • Gorontalo Punya Bus Wisata, Tarifnya mulai Rp 5.000

4. Pantai Tangga 2000

Meskipun namanya Pantai Tangga 2000, namun tenang saja lantaran jumlah undakan di obyek wisata ini tidak mencapai ribuan. Angka 2000 tersebut merujuk pada tahun peresmian obyek wisata pantai ini, berdasarkan informasi dari Kompas.com (4/5/2013).

Pantai ini berlokasi di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota, sekitar 20 menit berkendara.

Sesuai namanya, ikon pantai ini adalah anak tangga dari beton yang menempel di tebing-tebing pantai. Wisatawan bisa duduk santai di tangga-tangga tersebut sambil menikmati pemandangan Teluk Gorontalo, Pelabuhan Gorontalo, dan Teluk Tomini sambil menikmati kuliner.

Pantai Bolihutuo berada di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota, sekitar 130 kilometer (km) atau lebih dari tiga jam berkendara.

Namun demikian, lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan panorama pantai pasir putih yang indah. Selain itu, Pantai Bolihutuo dilengkapi dengan fasilitas restoran dan resort bagi wisatawan.

Di sekeliling pantai, wistawan bisa menjumpai pepohonan hijau sehingga menciptakan suasana asri. Pantai ini juga dikelilingi dengan pohon mangrove yang dapat mencegah abrasi.

6. Pantai Dunu 

Pantai Dunu merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Gorontalo, yang berada di Desa Dunu, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara. Dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 90 kilometer dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam 22 menit.

Ciri khas Pantai Dunu adalah mempunyai garis pantai yang panjang, yang dipenuhi dengan hamparan pasir putih dan lembut, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

Ada beragam aktivitas wisata di Pantai Dunu, seperti bermain pasir, olahraga pantai, berenang, memancing, dan menyaksikan panorama sunset serta sunrise.

Pulau Diyonumo merupakan pulau tak berpenghuni di Gorontalo yang menyimpan banyak pesona wisata. Pulau ini terletak di Desa Deme, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Pulau Diyonumo memiliki hamparan pantai yang indah dan panorama bawah laut yang menawan sehingga cocok untuk snorkeling dan diving. Pengunjung juga dapat mendaki bukit yang dipenuhi dengan pepohonan dan ilalang hijau, seperti dikutip dari Kompas.com (8/10/2020).

Bukit di Pulau Diyonumo ini, merupakan spot foto favorit pengunjung dengan latar belakang laut biru dan pulau-pulau yang dipenuhi pepohonan hijau. Untuk menuju lokasi Pulau Diyonumo, wisatawan harus naik perahu lebih dulu.

  • 4 Wisata Favorit di Gorontalo, Ada Terumbu Karang Bentuk Kepala Manusia
  • 3 Desa Wisata di Gorontalo dengan Pemandangan Alam yang Unik

8. Pantai Leato 

Pantai Leato menawarkan hamparan pasir putih bersih yang kontras dengan air laut biru jernih. Lokasinya berada di Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Kota Timur, Gorontalo. 

Selain panorama yang indah, ombak di kawasan Pantai Leato tergolong tenang sehingga wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di pesisir pantai. Tak hanya itu, wisatawan bisa melakukan diving untuk menyaksikan pemandangan bawah laut Pantai Leato.

Pantai Leato memiliki panorama bawah laut yang indah. Selain itu, terdapat bangkai kapal di kedalaman 42 sampai 45 meter.

Pulau Saronde berada di Gorontalo Utara. Akses ke Pulau Saronde cukup mudah, yakni menyeberang dari Pelabuhan Kwandang menggunakan kapal Katamaram selama satu jam, seperti dikutip dari Pesona Indonesia.

Daya tarik Pulau Saronde adalah panorama pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru, akan membuat siapapun yang datang terkesima. Apalagi, bibir pantai di Pulau Saronde cukup teduh berkat deretan pohon cemara yang lebat.

Menjelajahi dunia bawah laut Pulau Saronde adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan, untuk menyaksikan aneka terumbu karang dan biota laut yang indah. Wisatawan juga bisa menjajal aneka olahraga pantai, seperti banana boat, fun boat, dan sebagainya.

10. Pantai Indah Baleamo 

Pantai Indah Boalemo adalah salah satu wisata andalan yang berada di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Daya tarik pantai ini adalah pasir coklat yang eksotis degan garis pantai yang panjang.

Selain itu, ombak Pantai Indah Boalemo cenderung tenang sehingga wisatawan bisa melakukan bergaam aktivitas di pesisir pantai. Ada juga berbagai fasilitas yang tersedia, seperti sepeda air, kapal motor, alat diving, restoran, penginapan, dan sebagainya.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/14/114000727/10-wisata-pantai-di-gorontalo-yang-terkenal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke