Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Pantai di Makassar yang Terkenal

KOMPAS.com - Makassar merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini, menyimpan banyak potensi wisata bahari.

Hal tersebut tidak lepas dari lokasi Kota Makassar yang berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Tak hanya di kalangan wisatawan nusantara, keindahan wisata di Makassar sudah tersohor hingga mancanegara.

  • 6 Fakta Masjid Raya Makassar, Punya Al Quran Raksasa   
  • 7 Tempat Wisata Anak di Makassar, Ada Wahana Salju Buatan

Wisata pantai di Makassar

Kompas.com merangkum wisata pantai di Makassar sebagai berikut:

Pantai Losari yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar. Daya tarik Pantai Losari adalah panorama sunset di Selat Makassar yang eksotis.

Spot wisata favorit wisatawan adalah Anjungan Pantai Losari. Destinasi berupa ruang terbuka publik ini menawarkan pemandangan indah ke Selat Makassar, Masjid Terapung, Masjid 99 Kubah, dan sebagainya, berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/1/2022).

Selain itu, lokasinya Pantai Losari sangat strategis dan mudah diakses, karena berada di dekat pusat Kota Makassar. Waktu berkunjung terbaik ke Pantai Losari adalah sore menjelang senja, karena wisatawan bisa menyaksikan sekaligus mengabadikan siluet sunset.

Pantai Akkarena menawarkan panorama yang tidak kalah menariknya dari Pantai Losari. Wisatawan bisa menikmati panorama sunset eksotis sembari bersantai di hamparan pasir atau di bangku-bangku yang tersedia, seperti dikutip dari Kompas.com (18/8/2023). 

Pantai yang buka pada 1998 ini, juga menawarkan fasilitas tempat makan, kafe, dan olahraga air. Beberapa olahraga air yang bisa dijajal, antara lain banana boat, jetski, bicycle water, dan pedal duck bike. 

Jika ingin berkunjung, lokasinya berada Jalan Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Pada hari biasa, harga tiket masuknya mulai Rp 10.000, sedangkan pada akhir pekan harga tiket masuknya mulai Rp 15.000.

3. Pantai Anging Mammiri 

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Makassar, lantaran memiliki banyak daya tarik. Lokasinya berada di di Tanjung Bunga, Kota Makassar. 

Nama Anging Mammiri berarti angin yang berhembus. Pantai ini merupakan tempat populer untuk menggelar acara outdoor, seperti pernikahan, pesta ulang tahun, perkumpulan komunitas, dan sebagainya.

Dengan ombak yang cenderung tenang, pengunjung bisa beraktivitas di sepanjang bibir pantai. Tersedia sejumlah wahana di Pantai Anging Mammiri, seperti jetski, banana boat, dan perahu yang mampu mengantarkan penumpang untuk menjelajahi area pantai

4. Pantai Tanjung Bayang 

Pantai populer di Makassar lainnya adalah Pantai Tanjung Bayang, yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. 

Ada beragam aktivitas wisata di Pantai Tanjung Bayang seperti naik wahana, hunting foto, atau sekadar santai di pinggir pantai. Berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki, ada tongkrongan kekinian di Pantai Tanjung Bayang, yakni Zona Nyaman The Beachstone Cafe.

Kafe ini mengadopsi suasana kafe-kafe di Bali, sehingga menarik minat wisatawan. Jika ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Bayang, wisatawan akan dikenai tiket masuk mulai dari Rp 10.000 per orang.

  • 5 Pesona Masjid 99 Kubah Makassar yang Punya Arsitektur Unik
  • Pantai Akkarena di Makassar: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

5. Pantai Layar Putih 

Pantai ini masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Tanjung Bayang. Tepatnya di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kota Makassar.

Pantai Layar Putih merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati panorama sunset di Selat Makassar. Ada sejumlah gazebo di pinggiran pantai yang tersedia bagi wisatawan.

Pengunjung tidak dipungut tiket masuk saat berkunjung ke Pantai Layar Putih. Namun, ada tarif retribusi parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Pantai Barombong masuk dalam wilayah Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Keunikan Pantai Barombong adalah memiliki pasir berwarna hitam, seperti dikutip dari Tribun News Wiki.

Kawasan pantai ini, merupakan perkampungan nelayan terbesar di Kota Makassar. Tak heran jika Pantai Barombong menjadi destinasi kuliner seafood.

Dengan deburan ombak yang cenderung besar, pantai ini cocok untuk olahraga air, seperti jetski. Untuk memasuki kawasan Pantai Barombong, wisatawan tidak dipungut tiket masuk, cukup membayar tarif parkir.

Pantai Bosowa Tanjung berlokasi di Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Salah satu daya tarik pantai ini adalah panorama sunset yang eksotis, seperti dikutip dari Kompas.com (17/8/2023).

Wisatawan bisa menikmati panorama sunset, sembari duduk santai di tepi pantai. Tidak hanya itu, ombak di pantai ini cukup tenang sehingga wisatawan bisa bermain air ataupun berenang. 

Pada hari biasa harga tiket masuknya mulai Rp 10.000, sedangkan pada akhir pekan harga tiket masuknya mulai Rp 15.000.

  • Pantai Indah Bosowa di Makassar: Jam Buka dan Harga Tiket
  • Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah dari Makassar

8. Pantai Marbo 

Pantai Mangara Bombang alias Pantai Marbo merupakan destinasi wisata baru yang berlokasi di Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Meskipun baru, namun pantai ini menyimpan banyak potensi wisata.

Pengunjung bisa menikmati aneka olahan seafood yang dijajakan warung-warung di pinggir pantai. Selain itu, Pantai Marbo memiliki panorama sunset yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai di Makassar lainnya.

Samalona merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Selat Makassar. Secara administratif, Pulau Samalona masuk dalam wilayah Kelurahan Lae-Lae, Kecamatan Mariso, Kota Makassar. 

Daya tarik Pulau Samalona adalah hamparan pasir putih yang mengelilinginya dan keindahan panorama bawah laut, berdasarkan informasi dari Kompas.com (28/5/2023).

Pulau seluas 2 hektare ini, dikelilingi dengan air laut biru jernih, sehingga wisatawan bisa melihat terumbu karang dan ikan dari permukaan laut. Diving dan snorkeling adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pulau Samalona.

Pulau Kodingareng Keke adalah pulau tidak berpenghuni yang berada di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Daya tarik pulau yang berada di Selat Makassar ini adalah dikelingi hamparan pasir putih dan panorama bawah laut yang menawan.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (12/12/2022), pengunjung dapat melihat beragam terumbu karang, gerombolan ikan, dan biota laut lainnya.

Ada beragam aktivitas wisata di Pulau Kodingareng Keke, seperti snorkeling, diving, berenang, foto, wisata kuliner, dan lainnya. Selain itu, Pulau Kodingareng Keke memiliki fasilitas resort dan gazebo bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kodingareng Keke.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/19/225932027/10-wisata-pantai-di-makassar-yang-terkenal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke