Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taman Kyai Langgeng Ecopark Magelang, Wisata Hutan Buatan di Perkotaan

KOMPAS.com - Taman Kyai Langgeng Ecopark atau TKL Ecopark merupakan salah satu wisata alam di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kawasan wisata seluas 27,36 hektare ini berupa hutan buatan yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, dikutip dari situs resminya.

Taman Kyai Langgeng berada di Jalan Cempaka Nomor 6, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Wisatawan yang berkunjung ke Taman Kyai Langgeng akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Sumbing. 

  • Ketep Pass Magelang: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik
  • 10 Homestay di Nepal van Java Dusun Butuh Magelang, Pas untuk Lihat Sunrise

Kemudian, gemericik air Sungai Progo, panorama hamparan sawah di lereng gunung, serta ratusan pohon langka menambah pesona Taman Kyai Langgeng. Tak heran jika obyek wisata ini merupakan salah satu destinasi populer di Magelang yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Taman Kyai Langgeng didirikan pada 1981. Mulanya, Taman Kyai Langgeng adalah Taman Rekreasi dan Taman Flora seluas lima hektare, berdasarkan informasi dari situs resminya.

Pada 1982, Taman Rekreasi dan Taman Flora tersebut dikembangkan lantaran masih memiliki potensi lahan yang luas. Taman tersebut dikembangkan menjadi hutan buatan di tengah kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota sekaligus kawasan konservasi dan pusat edukasi.

  • 8 Tempat Camping di Magelang, Bisa Lihat Enam Gunung 
  • Borobudur Land, Rekreasi Baru di Magelang dengan Perosotan Pelangi

Pada 3 September 1987,  Taman Rekreasi dan Taman Flora resmi berganti nama menjadi Taman Kyai Langgeng. Nama obyek wisata ini diambil dari seorang toko perjuangan di Magelang pada masa Perang Diponegoro atau Perang Jawa yang berlangsung pada 1825 – 1830.

Kyai Langgeng merupakan sosok ulama dan penasehat Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah Belanda, khususnya di Magelang. Makam Kyai Langgung bisa dijumpai di dalam area taman.

Hutan buatan berisi tanaman langka 

Seperti disampaikan sebelumnya, Taman Kyai Langgeng Magelang merupakan hutan buatam di wilayah perkotaan. Selain berfungsi sebagai obyek wisata, Taman Kyai Langgeng adalah paru-paru kota.

Taman Kyai Langgeng memiliki koleksi tanaman langka asli Indonesia. Secara total, koleksi tanaman di Taman Kyai Langgeng mencapai ratusan yang terdiri dari puluhan jenis tanaman.

Koleksi tanaman tersebut, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan observasi. Sejumlah tanaman di Taman Kyai Langgeng antara lain, jambu jepang, jambe, karet hutan, kelapa sawit, pinisium, beringin, mahoni, dan sebagainya.

Pada Februari 2022 lalu, Taman Kyai Langgeng kembali bertransformasi dengan nama resmi Taman Kyai Langgeng Ecopark atau TKL Ecopark. Wajah baru Taman Kyai Langgeng kini dilengkapi dengan lima wahana atau produk unggulan.

Meliputi, Botanical Park, Edu Park, Playground Park, Adventure Park, dan Culinary Park.

Sebagai Botanical Park, Taman Kyai Langgeng memiliki ratusan koleksi tanaman dimana beberapa diantaranya adalah tanaman langka asli Indonesia. Koleksi tanaman tersebut sekaligus berfungsi sebagai wahana edukasi alias Edu Park.

Taman Kyai Langgeng juga menyediakan beragam wahana permainan yang bisa digunakan oleh anak-anak. Selain itu, terdapat wahana permainan air seperti waterboom, waterpark, becak air, dan kereta air.

Adapula wahana Adventure Park yang lebih menantang sehingga bisa digunakan oleh pengunjung dewasa, seperti kereta mini dan dragon coaster.

Terakhir, pengunjung bisa mencicipi beragam kuliner menarik di kawasan Culinary Park. Jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Magelang.  

Taman Kyai Langgeng buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Namun, loket tiket sudah ditutup pada pukul 16.00 WIB.

Harga tiket masuk Taman Kyai Langgeng adalah Rp 40.000 per orang, berlaku setiap hari. Pengunjung anak-anak usia tiga tahun sudah wajib membayar tiket dengan tarif normal.

Dengan harga tiket tersebut, pengunjung mendapatkan akses gratis enam wahana permainan, yakni bianglala, komidi layang, kereta mini, becak mini, sepeda air, dan mobil keliling.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/27/184000227/taman-kyai-langgeng-ecopark-magelang-wisata-hutan-buatan-di-perkotaan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke