Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teras Malioboro 1 di Yogyakarta: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Teras Malioboro 1 merupakan tempat beraktivitas baru bagi para pedagang (PKL) yang dulunya berjualan di sepanjang Jalan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wisatawan bisa berbelanja aneka produk atau oleh-oleh khas Yogyakarta dan sekitarnya, di pusat perbelanjaan ini. 

  • 7 Rekomendasi Spot Foto Malam Hari di Malioboro, Ada Tugu Yogyakarta
  • Bedanya Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2, Bisa buat Belanja

Teras Malioboro 1 diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada hari Rabu (26/1/2022) dalam acara “Wilujengan” yang digelar di halaman Teras Malioboro 1, dikutip dari laman resminya. 

Produk yang dijual di tempat ini adalah produk yang sama yang bisa ditemukan di pinggir Jalan Malioboro. Mulai dari suvenir, kerajinan tangan, batik, kaos oblong, topi, sandal, hingga kuliner. 

"Yang dijual sama seperti yang dulu ada di jalanan Malioboro. Tas, baju, pernak-pernik, makanan juga ada," kata Komandan Keamanan Teras Malioboro 1, Andriyanto atau akrab dipanggil Andri, di lokasi, Jumat (13/10/2023).

Teras Malioboro 1 berlokasi di gedung eks-Bioskop Indra, tepatnya di seberang Pasar Beringharjo. Alamatnya di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. 

"Kami berseberangan dengan Pasar Beringharjo," ujar Andri. 

Untuk menuju tempat ini, Andri menyarankan wisatawan untuk menggunakan Trans Jogja atau ojek daring. Kendaraan pribadi kurang disarankan karena tidak ada tempat parkir yang memadai. Lokasinya pun tidak begitu dekat dari Teras Malioboro 1. 

  • 7 Tempat di Malioboro Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi
  • Cara ke Malioboro Naik Trans Jogja, Catat Rute Bus 

Teras Malioboro 1 buka setiap hari Senin hingga Minggu. Adapun jam buka pedagang kuliner dengan pedagang produk lainnya agak berbeda. 

Khusus kuliner, buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB, sedangkan para pedagang oleh-oleh atau produk khas Yogyakarta baru buka dari sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. 

"Jam buka di sini untuk kuliner jam enam (pagi) sudah ada yang buka, sampai sekitar jam 11 malam," kata Andri. 

Bertemakan industrial modern, Teras Malioboro 1 adalah tempat berbelanja yang nyaman dan bersih dilengkapi dengan berbagai fasilitas, berdasarkan pengamatan Kompas.com.

Sejumlah fasilitas yang ada, antara lain eskalator, lift, mushala, area menikmati kuliner, toilet, ATM, serta spot foto yang estetis dan Instagramable.

"Teras Malioboro 1 juga punya ruang laktasi di dalam gedung," tutur Andri.

Untuk lahan parkir tidak tersedia di area tersebut. Namun, pengunjung bisa memanfaatkan kantong parkir terdekat, antara lain di di Jalan Beskalan dan Parkir Selatan Pasar Beringharjo.

Selain itu, kantong parkir lainnya adalah depan Taman Pintar atau depan Shopping Center-TBY.

https://travel.kompas.com/read/2023/10/14/162000227/teras-malioboro-1-di-yogyakarta--lokasi-jam-buka-dan-fasilitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke