Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiket Kereta Api Periode Natal 2023 Masih Bisa Dipesan, Ini Caranya

KOMPAS.com - Tiket kereta api (KA) untuk periode libur Natal 2023 masih tersedia, berdasarkan keterangan dari PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero).

Sebanyak 102.603 tiket kereta api jarak jauh atau 17 persen dari tiket yang disediakan telah terjual untuk pertengahan Desember 2023, tepatnya dari Kamis (21/12/2023) hingga Senin (25/12/2023).

  • Tiket Kereta untuk Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dibeli
  • 5 Terowongan Kereta Api Terpanjang di Indonesia, Ada yang Masih Aktif 

"Adapun KAI menetapkan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung pada 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman resmi, Sabtu (11/11/2023). 

Jumlah tersebut, ia melanjutkan, masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

"KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” imbuhnya. 

Adapun beberapa kereta yang menjadi favorit untuk periode Angkutan Nataru sejauh ini, di antaranya KA Airlangga relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi pergi-pulang (PP), KA Jayabaya relasi Pasarsenen-Malang PP, KA Serayu relasi Pasarsenen-Purwokerto PP, dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar PP. 

Masyarakat sudah dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler yang telah tersedia di aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, minimarket, serta seluruh kanal pembelian tiket KA mulai H-45.

"Adapun pembelian tiket di loket stasiun hanya tersedia untuk keberangkatan KA mulai tiga jam (go show)," kata Joni. 

Dalam menyediakan tiket kereta api, Joni menjelaskan, khususnya saat peak season (periode ramai) seperti di masa Angkutan Nataru ini, KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api secara transparan dan terpercaya bagi seluruh penumpang.

"Untuk menangkal praktik percaloan tiket, KAI sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system yang mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan di kartu identitas," terangnya.

Lebih lanjut, Joni juga mendorong masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai tranportasi antar kota, karena berbagai kelebihan. 

“KAI mengajak masyarakat menggunakan kereta api untuk pulang kampung, liburan, atau tujuan lainnya karena moda transportasi kereta api memiliki banyak keunggulan di antaranya mengutamakan keselamatan, sehat dan nyaman, tepat waktu, serta jangkauan stasiun yang luas mulai dari pusat kota hingga ke pedesaan,” pungkasnya. 

https://travel.kompas.com/read/2023/11/11/113746827/tiket-kereta-api-periode-natal-2023-masih-bisa-dipesan-ini-caranya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke