Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepanjang 2023, 3 Wisata Baru Dibangun di Gunungkidul

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah membangun tiga tempat wisata baru sepanjang 2023.

Ketiganya antara lain di kawasan pantai Jungwok, Kapanewon Girisubo, kawasan Pantai Poktunggal, Tepus, serta kawasan Kapanewon Purwosari.

Selain itu, tahun depan diperkirakan akan selesai destinasi wisata baru lainnya di Kapanewon Patuk.

Adapun membangun wisata baru menjadi bagian dari upaya pemerintah setempat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) agar bisa bersaing.

"Di kawasan pesisir ada satu yang sudah masuk ini berkelas internasional. Mudah mudahan akan selesai pada 2024 juga," ujar Bupati Gunungkidul Sunaryanta dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Ia menambahkan, investasi destinasi wisata ini menyedot ratusan pekerja, yang sebagian besar di antaranya merupakan warga sekitar.

Sementara pemerintah juga fokus meningkatkan SDM warga agar bisa bersaing dengan pencari kerja dari luar daerah.

"Kami fokus pada SDM, akan kami terus tingkatkan," kata dia.

Terkait hal tersebut, salah satu hal yang diupayakan adalah menggelar pelatihan dan sertifikasi SDM pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan pariwisata Borobudur.

Pelatihan tersebut dilakukan selama 86 hari. Direktur Utama, Badan Otorita Borobudur (BOB), Agustin Peranginangin mengatakan, pelatihan dilakukan untuk mendorong tercapainya Target Utama RPJM 2020-2024, serta fokus dalam mendukung Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) di Kawasan Pariwisata Borobudur.

"Harapannya setelah mendapatkan Pelatihan dan Sertifikasi Hospitality, para peserta menjadi SDM yang terampil dan tersertifikasi di bidang hospitality dengan skema pelatihan Front Office (Bill Boy), Food & Baverage (F&B Produk, waiter/s), House Keeping (Room Attandant) yang sudah dilatihakan sehingga siap untuk menjadi tenaga kerja langsung di Kabupaten Gunungkidul," kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2023/11/16/200900227/sepanjang-2023-3-wisata-baru-dibangun-di-gunungkidul

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke