Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Wisata Malam Tahun Baru 2024 di Yogyakarta 

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana menyambut malam tahun baru 2024 di Yogyakarta? Ada sejumlah tempat wisata malam tahun baru di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. 

Mayoritas obyek wisata tersebut menyelenggarakan acara untuk menyambut pergantian tahun. Sebagian acara malam tahun baru di Yogyakarta tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat. 

Pada malam tahun baru, tepatnya pada Minggu (31/12/2023) malam, akan diselenggarakan car free night di Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer Yogyakarta. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, Kamis (28/12/2023), acara tersebut digelar mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan 01.00 WIB dini hari.

Pengunjung bisa menyaksikan sejumlah hiburan gratis di sepanjang Jalan Malioboro, yakni Sekar Rinonce. Gelaran pentas seni musik tradisional dan modern itu, digelar pada tiga titik sepanjang yakni, pedestrian depan Teras Malioboro 2, depan atrium Plaza Malioboro, dan depan Pasar Beringharjo. 

Selain di Jalan Malioboro, car free night juga akan digelar di kawasan Tugu Yogyakarta, mulai pukul 22.00 WIB sampai pergantian tahun. Pihak kepolisian akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk kelancara acara tersebut. 

Tugu Jogja, atau dikenal juga sebagai Tugu Pal Putih merupakan salah satu ikon Kota Yogyakarta. Bangunan tugu berwarna putih tersebut berada di tengah persimpangan antara Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Marga Utama (dulunya Jalan Mangkubumi), Jalan Diponegoro, dan Jalan AM. Sangaji. 

Pada mulanya, tugu ini merupakan Tugu Golong Gilig yang dibangun pada 1755 saat masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Tugu ini berfungsi sebagai penanda atau tetenger kota dan sebagai titik pandang untuk berkonsentrasi ketika Sultan Hamengku Buwana I melakukan meditasi di Bangsal Manguntur Tangkil Keraton Yogyakarta. 

HeHa Sky View adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama Kota Yogyakarta dari ketinggian. Lokasinya berada di Jalan Dlingo-Patuk Nomor 2, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Melansir dari akun Instagram resminya, ada sejumlah event pada malam tahun baru 2024 di Heha Sky View. Meliputi, pesta kembang api, DJ performance, live music,games, dan doorprize. 

Selain landscape Kota Yogyakarta, para pengunjung bisa menikmati berbagai spot selfie kekinian, restoran rooftop, dan food stall. Ada beragam spot selfie cantik di HeHa Sky View, seperti Macrame, Jetplane, Sky Swing, Teropong,Love Box, Sku Bridge, Sky Glass, Sky, Ballon, Garden Area, dan Bean Bag Area. 

HeHa Ocean View adalah salah satu obyek wisata populer untuk menikmati keindahan laut selatan Yogyakarta. Lokasinya berada di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Pada malam tahun baru, HeHa Ocean View menggelar sejumlah acara seperti pesta kembang api, live music, DJ, food festival, art performance, games, doorprize, dan sebagainya. 

Obyek wisata ini menawarkan pemandangan laut selatan dari tepi tebing. Selain itu, HeHa Ocean View menyediakan beragam spot foto Instagramable, glamping, taman, restoran, live music, dan toko souvenir.

  • Yogyakarta Macet, 14 Kereta Ini Berhenti Luar Biasa di Stasiun Lempuyangan
  • Intip Villa Sambisari Yogyakarta, Cocok buat Staycation Akhir Tahun

5. De Mangol View

Ada beragam aktivitas menyambut malam tahun baru di De Mangol View. Mulai dari piknik kekinian, menikmati panorama Gunung Merapi dari kejauhan, foto di spot Instagramable, atau menyantap hidangan lezat. 

Pada malam pergantian tahun, De Mangol View juga menggelar festival lampion. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1,4, Sumber Tetes, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. 

6. Obelix Sea View

Obelix Sea View merupakan obyek wisata baru di Yogyakarta, yang buka pada Agustus 2023 lalu. Obyek wisata ini menawarkan panorama laut dari tebing. 

Selain itu, terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati wisatawan seperti spot foto Instagramable dan kuliner di restoran dengan view laut. 

Pada malam tahun baru, Obelix Sea View menggelar banyak hiburan seperti pesta kembang api, DJ performance, contemporer dance, live music, games, doorprize, dan sebagainya. 

Jika mencari tempat merayakan malam tahun baru di tengah kota, kamu bisa berkunjung ke Alun-alun Kidul atau dikenal sebagai Alkid.

Jika malam tiba, tersedia sejumlah becak warna-warni yang akan mengantarkan wisatawan berkeliling Alun-alun Kidul. 

Selain itu, ada beragam kuliner murah meriah di kawasan wisata ini, seperti angkringan, wedang ronde, jagung bakar, sosis bakar, dan sebagainya. 

Aktivitas wisata di Alun-alun Kidul yang terkenal adalah melewati pohon beringin kembar di tengah alun-alun dengan menutup mata. Menurut kepercayaan setempat, orang bagi yang bisa melewati pohon tersebut dengan lurus sambil menutup mata, maka impiannya bisa tercapai. 

Bukit Bintang berlokasi di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari KM 15, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. 

Sesuai namanya, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Kota Yogyakarta di malam hari dengan kerlap kerlip lampu yang menyerupai bintang. Pengunjung bisa menyaksikan panorama tersebut sembari menikmati kuliner di sekitar lokasi Bukit Bintang. 

Wisatawan tidak dipungut biaya masuk ke kawasan Bukit Bintang, tetapi perlu membayar parkir jika membawa kendaraan. Bukit Bintang buka selama 24 jam. 

Obelix Hills menggelar pesta kembang api dan live music pada malam tahun baru 2024. Wisatawan bisa menyaksikan panorama Kota Yogyakarta dari ketinggian saat berkunjung ke Obelix Hills. 

Dilansir dari situs resminya, obyek wisata ini mengusung tagline sunset on the rock, sebab pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset dari tebing. 

Tersedia sekitar 30 spot foto Instagramable bagi pengunjung. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah Eagle Nest.  

Spot foto ini cukup menguji adrenalin pengunung, karena menawarkan sensasi berada di atas jaring tali dari ketinggian. Lokasi Obelix Hills berada di Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 

Pada malam tahun baru 2024, Candi Prambanan menggelar festival musik bertajuk Swara Prambanan. Selain festival musik, acara tersebut diisi dengan penampilan seni lainnya. 

Candi Prambanan merupakan salah destinasi favorit wisatawan saat liburan ke Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis di pinggir jalan utama Yogyakarta-Solo.

Candi Prambannan adalah candi bercorak Hindu terbesar di Indonesia. Candi yang berada di Sleman, Yogyakarta ini sudah ditetapkan sebagai sebagai Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage) oleh UNESCO.

Saat berkunjung ke Candi Prambanan, wisatawan bisa menjumpai sebanyak 18 candi, yang terdiri dari 8 candi utama, 8 candi kecil, dan 2 candi perwara. Kawasan Candi Prambanan terbagi menjadi tiga area, yakni zona luar, tengah, dan dalam. 

https://travel.kompas.com/read/2023/12/30/214000527/10-tempat-wisata-malam-tahun-baru-2024-di-yogyakarta-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke