Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Siklon Tropis Anggrek, Kunjungan Wisata di Gunungkidul Turun

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencatat ada penurunan kunjungan wisata akibat dampak cuaca buruk siklon tropis Anggrek.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Oneng Windu Wardana menyampaikan ada tren penurunan sejak cuaca kurang baik di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya.

Hal ini terlihat sejak pekan lalu. Jika dilihat dari data pada Sabtu 13 Januari 2024, pengunjung 11.109 orang dan Minggu 15 Januari 2024 kunjungan sebanyak 17.173 orang. 

Sementara pada Sabtu 20 Januari 2024 total pengunjung ada 8.113 orang dan Minggu 21 Januari 2024 pengunjung sebanyak 12.224 orang. 

"Kalau melihat fenomena sabtu dan minggu ada penurunan total seluruh destinasi wisata," kata Windu saat dihubungi melalui telepon Selasa (23/1/2024).

"Pengunjung yang banyak kawasan pantai Jawa Tengah, lalu Jawa Timur, relatif terjangkau, bisa memantau cuaca ya," kata dia. 

Pengelola wisata minat khusus harus bersiap

Pemkab Gunungkidul juga meminta pengelola wisata minat khusus untuk memperhatikan cuaca saat menerima tamu.

Windu mengatakan, terkait wisata minat khusus seperti cave tubing, seluruh pengelola wisata memiliki SOP (standard operational procedure) sendiri.

Dengan begitu apabila cuaca kurang mendukung, pengelola bisa segera melakukan penutupan sementara. 

"Yang paling utama keselamatan wisatawan. SOP sudah ada destinasi yang berkait sungai, goa, pihak pengelola sudah ada antisipasinya jika cuaca tidak memungkinkan tidak menerima tamu," kata dia.

Pihaknya hanya memberikan informasi kepada pengelola untuk tetap mematuhi SOP demi keamanan. 

"Misalnya kalisuci (cave Tubing Kalisuci) tidak bisa di-booking, harus melihat kondisi lapangan," ucap Windu. 

Dikatakannya, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan berapa banyak lokasi yang sempat ditutup sementara akibat cuaca ekstrem.

Pihaknya juga membuat imbauan kepada wisatawan melalui media sosial dinas pariwisata sebagai panduan untuk berkunjung ke destinasi wisata. 

"Selama ini kita mengimbau melalui media sosial, forum dan komunitas efektif mengantisipasi pengunjung yang sudah datang dan tidak bisa berwisata karena cuaca buruk," kata dia. 

https://travel.kompas.com/read/2024/01/23/200800927/dampak-siklon-tropis-anggrek-kunjungan-wisata-di-gunungkidul-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke