Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Bangun Rasa Percaya Diri Saat Solo Traveling untuk Pertama Kali

KOMPAS.com - Solo traveling atau jalan-jalan sendirian bisa menjadi kegiatan seru, sekaligus menantang. Sebab, bisa jadi kamu menjelajahi suatu destinasi yang belum pernah kamu datangi seorang diri.

Saat melakukan solo traveling, penting untuk melakukan beberapa persiapan dan membangun rasa percaya diri. Simak tips berikut ini:

Salah satu cara efektif untuk membangun rasa percaya diri jika masih pemula dalam solo traveling adalah membuat rencana yang rinci. 

Dilansir dari Travel Noire, Senin (12/2/2024), lakukan riset secara menyeluruh tentang destinasi tujuan, termasuk budaya masyarakatnya dan aturan setempat. 

Buatlah rencana perjalanan dan rencana aktivitas yang akan dilakukan, tapi jangan lupa siapkan diri akan kemungkinan perubahan rencana yang mendadak.  

Sebelum melancong ke destinasi internasional, cobalah menjelajahi destinasi terdekat terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya saat akhir pekan. 

Dikutip dari Buzzfeed, hal ini bisa membantu membuatmu merasa nyaman dalam melakukan segala hal sendirian. 

Mempelajari bahasa masyarakat lokal di destinasi yang dituju juga membantu dalam membangun rasa percaya diri. Pelajarilah hal-hal dasar. 

Tindakan ini bisa membantumu butuh pertolongan, misalnya saat keadaan darurat. Masyarakat setempat juga umumnya menghargai wisatawan asing yang berusaha berkomunikasi dalam bahasa mereka. 

Kejadian darurat bisa terjadi tanpa prediksi, tapi tak ada salahnya bila kamu menyiapkan diri akan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. 

Pertama, belilah nomor lokal setibanya di destinasi tujuan agar kamu tetap terhubung dengan keluarga atau teman di negara asal.

Kedua, siapkan uang tunai. Meskipun berbagai tempat sudah menyediakan metode pembayaran non-tunai, tapi uang tunai bisa jadi metode pembayaran alternatif, misalnya ketika ternyata akses ke ATM di destinasi tujuan cukup terbatas. 

Bagilah uang tunai tersebut ke beberapa tempat penyimpanan terpisah. Jangan menyimpan uang tunai hanya di satu tempat, dikutip dari The Travel.

Kamu tidak diwajibkan berinteraksi dengan orang-orang saat solo traveling, tapi jangan sampai membatasi diri untuk tidak bersosialisasi.

Terkadang pengalaman menarik bisa terjadi ketika kamu berinteraksi dengan sesama pelancong atau masyarakat setempat. Akan tetapi, jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. 

Jika memang ingin bertemu dengan teman baru di destinasi tujuan, pilihlah tempat bertemu yang ramai, misalnya di restoran atau kafe. 

Saat solo traveling, penting untuk mengetahui batasan diri. Contohnya, jika sudah terasa terlalu lelah, beristirahatlah. Hal ini penting karena kamulah yang bertugas untuk menjaga dirimu sendiri. 

Menjaga kesehatan mental dan fisik selama melancong juga penting dalam membangun rasa percaya diri. Selain beristirahat dengan cukup, makanlah dengan baik dan rutin minum air putih.

Ikut aktivitas atau tur berkelompok juga bisa jadi salah satu cara untuk membangun rasa percaya diri di lingkungan baru. Dengan cara ini, kamu juga bisa bertemu dengan sesama wisatawan. 

Jenisnya pun tidak masalah, mulai dari tur jalan kaki menjelajahi kota sampai kelas memasak, semuanya bisa kamu pilih. 

Selalu waspada saat berada di keramaian. Sebaiknya jangan memakai headphone dan hindari menunduk menatap ponsel saat tengah berjalan. 

Sebelumnya, cari tahu soal jenis-jenis scam (penipuan) yang kerap terjadi di destinasi tujuan dan berhati-hatilah saat membagikan informasi pribadi.

https://travel.kompas.com/read/2024/02/13/073100527/8-tips-bangun-rasa-percaya-diri-saat-solo-traveling-untuk-pertama-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke