Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berwisata di Bukit Pinteir Bangka Belitung, Lintasan Hiking Sudah Dilengkapi Gazebo

BANGKA TENGAH, KOMPAS.com - Kawasan wisata Bukit Pinteir di Kampung Dul, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung terus dibenahi sebagai salah satu destinasi wisata unggulan selain pantai.

Salah satunya dilakukan dalam bentuk aksi bersih dengan memungut berbagai sampah yang berserakan di sepanjang lintasan perbukitan.

"Partisipasi dari BUMN dengan cara bergotong royong, membuktikan kepedulian untuk pariwisata daerah yang masih berbenah," kata pengurus Pokdarwis Bukit Pinteir, Desta Pratama seusai kegiatan, Jumat (19/4/2024).

Dalam aksi bersih tersebut, puluhan relawan ikut ambil bagian. Berbekal kantong di tangan masing-masing, para relawan memunguti setiap sampah yang ditemui.

Meskipun cukup menguras keringat, para peserta tampak antusias. Raut wajah kemenangan pun terpancar saat rombongan berhasil mencapai puncak Bukit Pinteir.

Desta menuturkan, kawasan wisata Bukit Pinteir merupakan kawasan hutan lindung. Terdapat berbagai satwa endemik seperti Mentilen, Pelanduk, Teringgiling, Musang serta pepohonan khas Pulau Bangka.

Ia menyampaikan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak dalam menjaga kebersihan sekaligus mempromosikan Bukit Pinteir.

"Selain mengelolah kelestarian hutan di sini, Pokdarwis Bukit Pinteir membuka peluang UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menegah) untuk bergabung di kawasan wisata yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian lokal di daerah kawasan wisata ini," kata Desta.

General Manager PLN Bangka Belitung Mohammad Munief Budiman yang ikut berpartisipasi sebagai relawan mengaku senang dengan suasana di Bukit Pinteir.

Dia memastikan mendukung kegiatan hiking dan peduli lingkungan sebagai bentuk life balance (keseimbangan hidup).

"Selain membuat kita lebih sehat, juga dapat berkontribusi untuk menjaga lingkungan sekitar. Semoga kelestarian alam terjaga dan Bukit Pinteir menjadi destinasi wisata alam lokal yang banyak dikunjungi," harap Munief.

Salah seorang relawan, Raja Sitepu mengatakan, aksi bersih sebagai semangat kebersamaan dengan tujuan mulia.

"Merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujar dia.

Saat ini instalasi kelistrikan telah terpasang, bahkan ada yang berbasis micro hydro yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Lokasi Bukit Pinteir terbilang strategis dengan jarak sekitar 15 menit perjalanan menggunakan minibus dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Berbagai hotel bintang empat hingga bintang lima tak jauh dari lokasi. Alhasil kawasan wisata ini mudah dijangkau untuk mengisi liburan per orangan maupun keluarga.

Di sana pengunjung juga bisa berwisata camping ground atau mendirikan tenda dan merasakan kesegaran udara perbukitan sembari olahraga hiking dengan lintasan yang sudah tersedia.

Terdapat sebanyak empat check point yang dibangun berupa gazebo, menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi para pengunjung.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/20/171651627/berwisata-di-bukit-pinteir-bangka-belitung-lintasan-hiking-sudah-dilengkapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke