Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gerbang Pengendali Kerumunan Dipasang di Gunung Fuji, Cegah Kepadatan Pengunjung

KOMPAS.com - Gerbang pengendali kerumunan telah dipasang di Gunung Fuji pada hari Senin (24/6/2024, jelang dimulainya musim pendakian pada tanggal 1 Juli 2024. 

Gubernur Yamanashi, salah satu dari dua prefektur tempat Gunung Fuji berada, mengatakan bahwa perlu tindakan untuk mengendalikan kepadatan di bagian bawah gunung.

Gerbang tersebut merupakan bagian dari aturan baru yang diperkenalkan Yamanashi tahun ini untuk mengatasi masalah keamanan, lingkungan, dan kepadatan yang terus meningkat di Gunung Fuji. 

Melansir dari APnews, Senin (24/06/2024) Gerbang ini akan ditutup antara pukul 16.00 dan 03.00 waktu setempat untuk mencegah pendaki yang tidak memesan penginapan di pondok di sepanjang jalur Yoshida. Maksimal 4.000 pendaki akan diizinkan memasuki jalur tersebut per hari.

Gubernur Yamanashi, Kotaro Nagasaki mengatakan, pembatasan ini merupakan langkah untuk mengatasi masalah yang membahayakan nyawa pendaki. 

Pendaki harus reservasi

Di bawah sistem yang baru, para pendaki harus melakukan reservasi dan memilih antara pendakian satu hari atau bermalam di salah satu pondok di sepanjang jalur pendakian.

Selain itu, ada biaya pendakian wajib sebesar 2.000 yen dan donasi opsional sebesar 1.000 yen untuk konservasi. 

Nantinya, ada kode QR dikirim ke ponsel pintar para pendaki untuk dipindai di pintu gerbang yang berada di tengah-tengah jalur pendakian di area yang dikenal sebagai stasiun kelima, tempat dimulainya jalur pendakian Yoshida.

Meskipun langkah-langkah baru ini diharapkan mengurangi kepadatan di bagian atas Gunung Fuji, masalah tetap ada di bagian bawah.

Gubernur Nagasaki berjanji untuk mengurangi pariwisata berlebihan, mungkin dengan memperkenalkan kereta api gunung ke stasiun kelima.

Overtourism di Gunung Fuji

Gunung Fuji telah lama menjadi simbol Jepang dan menarik puluhan ribu orang yang mendaki ke puncaknya untuk menyaksikan matahari terbit. 

Namun, masalah sampah dan overtourism telah menjadi perhatian utama. Kota Fujikawaguchiko di Yamanashi bahkan memasang layar hitam besar di sepanjang trotoar untuk menghalangi pemandangan Gunung Fuji.

Penghalang dipasang setelah para turis memadati area tersebut untuk mengambil foto gunung yang tampak berada di atap sebuah minimarket.

Overtourism juga telah menjadi masalah yang berkembang di destinasi wisata populer lainnya seperti Kyoto karena pengunjung asing berbondong-bondong datang ke Jepang, sebagian karena nilai tukar yen yang lebih lemah. 

Semua langkah ini diharapkan dapat menjaga kelestarian Gunung Fuji sebagai warisan alam dan tempat ziarah yang penting bagi masyarakat Jepang. 

https://travel.kompas.com/read/2024/06/24/150300227/gerbang-pengendali-kerumunan-dipasang-di-gunung-fuji-cegah-kepadatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke