Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Suramadu Buka 24 Jam

Kompas.com - 16/09/2009, 20:53 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — PT Jasa Marga (persero) selaku pengelola Tol Suramadu menegaskan Tol Jembatan Suramadu akan dibuka 24 jam nonstop selama Lebaran hingga seterusnya. Hal ini merupakan jawaban terhadap munculnya rumor penutupan Tol Jembatan Suramadu sepekan terakhir.

Kepala Gerbang Tol Suramadu Suharyono mengatakan, sekitar sepekan terakhir muncul rumor penutupan Tol Jembatan Suramadu sejak H-3 Lebaran. Isu tersebut terungkap dari sejumlah pengendara kendaraan yang melintas di Tol Jembatan Suramadu.

"Banyak pengendara yang bertanya pada petugas kami di lapangan, apakah benar Suramadu akan ditutup H-3 Lebaran. Pertanyaan justru bukan muncul dari para pemudik, tapi para pengendara komuter yang sehari-hari melewati Jembatan Suramadu," ujarnya, Rabu (16/9) di Surabaya.

Kepala Shif Gerbang Tol Suramadu Sisi Surabaya Marthinus D mengungkapkan, isu penutupan Tol Suramadu sempat membuat arus kendaraan di Suramadu sepi.

Pada Rabu sekitar pukul 15.00, suasana di Gerbang Tol Suramadu sisi Surabaya tampak sepi dan hanya terlihat satu-dua motor melintas. Padahal, sebelum isu muncul, menurut Marthinus, antrean motor bisa mencapai 50 meter.

Untuk meluruskan isu tersebut, Marthinus secara periodik menyiarkan informasi kepada pengendara melalui pengeras suara. Para pengendara kendaraan, baik roda empat maupun dua, diberitahu bahwa Suramadu akan terus dibuka dan dapat dilewati.

Selidiki isu

Menyikapi isu tersebut, Suharyono menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan Kepolisian untuk mengusut sumber penyebaran isu. "Bersama dengan polisi, kami menyelidiki dari mana sumber informasi yang menyesatkan itu," ujarnya.

PT Jasa Marga (Persero) memprediksi, arus kendaraan di Tol Suramadu akan melonjak pada H-2 dan H-1 Lebaran. Arus kendaraan roda dua yang biasanya mencapai 9.000 unit hingga 10.000 unit per hari akan melonjak sampai 20.000 unit per hari. Adapun arus kendaraan roda empat yang biasanya 5.000 unit per hari akan naik menjadi 10.000 unit per hari.

Sementara itu, hal berbeda justru terjadi di Penyeberangan Ujung-Kamal. PT Indonesia Ferry (Persero) Cabang Surabaya memastikan adanya penurunan arus penumpang dibanding tahun lalu. Penurunan volume terjadi pada semua sektor, mulai dari penumpang, sekitar 50 persen; kendaraan roda dua 50 persen; dan kendaraan roda empat 85 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com