Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Garap Potensi Wisata Belitung!

Kompas.com - 08/03/2010, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Investor lokal akan segera menggarap potensi wisata Pulau Belitung yang memiliki julukan baru sebagai Bumi Laskar Pelangi. "Investor lokal sudah menyatakan minatnya untuk menggarap pariwisata Belitung dan sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan kami," kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Firmansyah Rahim, di Jakarta, Senin (8/3/2010).

Ia mengatakan, calon investor lokal yakni Dharmawangsa Group telah mengajukan diri untuk membangun satu kawasan pariwisata di Belitung meliputi resort, hotel, shopping center, dan semua fasilitas pendukung lainnya.

Pihaknya sendiri sedang memfasilitasi calon investor tersebut agar dapat bertemu dengan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dalam waktu dekat. "Kalau bisa disetujui semua, proyek bisa mulai dijalankan tahun ini," katanya.

Beberapa fasilitas pariwisata rencananya akan dibangun di sekitar pantai-pantai Belitung yang pernah dijadikan lokasi shooting Film Laskar Pelangi.

Menurut Firmansyah, Belitung memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan tetapi belum berkembang optimal karena belum terpenuhinya infrastruktur pendukung pariwisata. Padahal, melalui penerbangan langsung, wilayah itu dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dari Jakarta.

Belitung, tutur Firmansyah, sangat cocok dikembangkan sebagai lokasi wisata minat khusus bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata yang penuh tantangan. Pantai-pantai di wilayah itu memiliki konfigurasi bebatuan alami membentuk bentukan tertentu yang tidak dapat dijumpai di tempat lain. "Pantainya masih sangat bersih dan belum banyak dikenal," katanya.

Sayangnya, jumlah hotel di Belitung masih sangat terbatas meskipun akses jalan menuju beberapa obyek wisata sudah tersedia. "Investor akan menggarap beberapa fasilitas pariwisata tentunya dengan kerja sama bersama Pemda Belitung," kata Firmansyah.

Padahal, Belitung merupakan salah satu dari 10 destinasi pariwisata yang akan digarap sebagai alternatif destinasi selain Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com