Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Asing Thailand Pindah ke Indonesia

Kompas.com - 22/04/2010, 20:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Gejolak politik di Thailand yang sudah terjadi selama beberapa bulan ini belum menunjukkan tanda-tanda untuk mereda, bahkan cenderung terus memanas dan mulai merusak fundamental ekonomi Thailand.

Namun, kondisi yang terjadi di Thailand itu dapat membawa berkah bagi investasi di Indonesia. Sebagian besar dari dana-dana asing yang mengalir ke Thailand dipindahkan ke Indonesia yang mempunyai stabilitas politik bagus dan memberikan keuntungan investasi lumayan besar.

Vice President Valbury Asia Futures Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Kamis (22/4/2010) mengatakan, krisis politik yang terjadi di Thailand dapat berdampak positif terhadap investasi di Indonesia. Pasalnya, setiap investor menginginkan situasi yang nyaman untuk berinvestasi. "Jika kondisi di sana terus memanas, maka bisa jadi investor akan mengalihkan investasinya ke negara lain, salah satunya di Indonesia," kata Omer.

Dia menambahkan, kondisi politik Indonesia yang relatif stabil dibandingkan dengan Thailand justru bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk merebut peluang investasi di kawasan ASEAN.

"Situasi politik di Indonesia relatif stabil, dapat mendorong investor luar mengalokasikan dananya di Indonesia. Stabilitas politik kita akan relatif menguntungkan investasi," ujarnya.

Namun, katanya, sebagai negara sahabat, Indonesia harus mendukung Thailand untuk mencari jalan keluar guna menyelesaikan masalah internal Negeri Gajah Putih tersebut.

Seperti dikabarkan, politik Thailand kembali memanas beberapa hari lalu setelah mengalami gonjang-ganjing politik selama 3 tahun terakhir. Perdana menteri yang digulingkan, Thaksin, masih memiliki massa pendukung yang mendesak perdana menteri berkuasa saat ini untuk mundur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com