Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Bikin Tampilan Panel Indikator Futuristik

Kompas.com - 07/05/2010, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Tampilan modul panel instrumen pada mobil kian warna-warni. Ketika lampu speedometer menyala, efeknya terkesan futuristik. Honda New Civic, Odyssey dan Freed serta Toyota New Vios sudah mengaplikasinya, sehingga terdapat pancaran warna biru, putih dan merah.

Bagaimana dengnan Honda New Jazz, Toyota Yaris dan Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Swift dan Nissan Livina? Wira Santosa dari SACS di Pondok Gede, Jakarta Timur berikan solusi dengan menghadirkan lampu indiglow.

Meterial indiglow aftermarket ini berkelir dasar hitam dengnan tampilan sesuai standar mobil. Warna biru pendar di tengah speedometer, garis angkanya berwarna putih, sedangkan merah ada indikator High (H) untuk temperatur dan indikasi bahan bakar. "Warna ini pada indiglow bisa berbeda karena memiliki beberapa layer dengan pancaran dasar dari lampu putih," jelas Wira.

Soal harga, kisaran Rp600-Rp650 ribu. Kalau model sebelumnya (warna hitam dan putih) dibanderol Rp500 ribu. Beda Rp50 ribu tergantung tingkat kesulitan pemasangan. Kalau Honda New Jazz ada logo Mugen jadi lebih mahal," lanjut pria 30 tahun ini.

Untuk memasang indiglow tipe baru, tak sulit karena lubang jarum dibuat besar. Jadi, urai Wira, enggak perlu melepas jarum, tinggal selipkan saja. Yang butuh waktu ketika membuka panel meternya.

Ia mencontohkan All New Jazz, butuh teknik khusus agar bisa terbuka. "Setengah dasbor yang ada panel meter tinggal tarik. Kalau yang tak tahu triknya, agak ribet karena mesti cari-cari baut." (Rahmat Sadeli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com