Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Belitung Mulai Diminati Investor Perhotelan

Kompas.com - 15/05/2010, 04:33 WIB

Tanjungpandan, Kompas - Potensi pariwisata di Pulau Belitung berupa hamparan pasir putih dan batu granit yang terus diminati wisatawan membuat investor semakin terdorong untuk berinvestasi di wilayah itu. Terbukti, tak lama lagi akan beroperasi Hotel Horison. Pembangunan hotel berbintang empat ini sudah mencapai 70 persen.

”Pengoperasian Hotel Horison akan memicu kebangkitan pariwisata di Belitung. Jumlah wisatawan bakal beranjak naik sebab kendala penginapan yang dikeluhkan sebagian wisatawan mulai teratasi,” kata Bupati Belitung Darmansyah Husein di Tanjung Pandan awal pekan ini.

Selain Horison, hotel bintang empat yang akan dibangun di Belitung adalah Darmawangsa, Aerowisata, dan Grand Pelangi. Izin pembangunan ketiga hotel sudah dikeluarkan pemerintah kabupaten setempat.

Menurut Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali, Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya memiliki pesona tinggi yang dapat menarik banyak wisatawan. Itu sebabnya wilayah ini menjadi sentra pembangunan pariwisata di Provinsi Bangka Belitung.

”Kami akan membantu sepenuhnya keinginan investor yang mau berinvestasi di Belitung, terutama sektor pariwisata. Kami akan memberikan kemudahan pengurusan administrasi. Kami akan membantu mencarikan lahan dan memfasilitasi negosiasi harga antara investor dan pemilik tanah serta membangun jaringan infrastruktur dasar,” ujarnya.

Bahkan, bandara Belitung pun akan diusulkan peningkatan status dari perintis menjadi semiinternasional sehingga pengelolaannya lebih profesional. Saat ini panjang landasan bandara itu hanya 2.000 meter. Jika terjadi perubahan status, landas pacu akan diperpanjang hingga 2.500 meter disertai penyediaan terminal penumpang yang representatif. Lahan telah dibebaskan pemkab.

Selama ini maskapai Sriwijaya Air dan Batavia Air yang tiap hari melayani penerbangan Jakarta- Belitung pergi pulang. Sriwijaya Air melakukan penerbangan dua kali per hari, sedangkan Batavia Air hanya sekali dalam sehari. Mulai awal Juni 2010, Garuda Indonesia juga melayani penerbangan Jakarta-Belitung pp.

”Semoga rencana itu terwujud sehingga pariwisata Belitung lebih menggeliat,” ujar Ali. (jan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com