Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Dayung Perahu Naga di Cikaret

Kompas.com - 09/06/2010, 21:26 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Para pejabat sipil dan militer serta swasta yang bertugas atau berkantor di Kabupaten Bogor ikut dalam lomba dayung perahu tradisonal naga di Situ Cikaret, Kecamatan Cibinong, Rabu (9/6/2010). Acara yang diselenggarakan berkaitan dengan Hari jadi Bogor ke-528 itu adalah lomba sejenis yang pertama kali diadakan di Kabupaten Bogor. Ada empat perahu yang digunakan dalam lomba tersebut, dengan 12 tim yang berlomba.

Bupati Bogor Rachmat Yasin mengatakan, lomba yang pesertanya terbatas hanya dari lingkungan pejabat instansi pemerintah dan swasta di Kabuapten Bogor, adalah untuk uji coba, untuk mempersiapkan lomba sejenis ini, menjadi kegiatan atau festival rutin tahunan. Paling tindak, persiapan untuk mengisi program Visit Bogor 2011.

"Olah raga dayung masih belum popular di sini. Karena itu saya ingin mereka (para pejabat) benar-benar merasakan bahwa mendayung atau olar raga mendayung itu nikmat dan menyenangkan. Setelah mereka merasakannya sendiri, saya berharap kami dapat benar-benar mempopulerkan olahraga ini, sehingga muncul atlet dayung kami yang tangguh," katanya.

Selain itu, lanjutnya, di kabupaten banyak situ atau danau yang berpotensi menjadi kawasan wisata, namun belum ada yang digarap dengan benar dan baik. "Kalau olahraga dayung makin populer dan masyarakat merasakan untungnya ada wisata air (situ/danau), tentunya kesadaran menjaga kelestarian situ, kesadaran menjaga air dan lingkungan hidup makin tinggi," katanya.

Dengan empat perahu tradisional naga, ada 12 tim yang berlomba, menempuh jarak 200 meter pulang pergi. Pemenangnya adalah tim nomor tiga, yakni tim gabungan para pejabat Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Polres Bogor, Kejari Cibinong, dan Pengadilan Negeri Cibinong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com