Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Belgia Antusias Sambut Dewa Ruci

Kompas.com - 11/07/2010, 18:01 WIB

BRUSSEL, KOMPAS.com - KRI Dewa Ruci yang mengikuti parade di kota Antwerpen dan acara "open ship" bagi publik mendapat sambutan antusias dari masyarakat Belgia, setibanya di pelabuhan Schelde, Port Antwerpen-Belgia.

KRI Dewa Ruci akan berada di Belgia selama lima  hari mengikuti kegiatan "the Tall Ship Race 2010" yang diikuti sekitar 40 kapal berbendera asing dari 40 negara. Dari Indonesia KRI Dewa Ruci menempuh lebih dari 10 ribu mil laut menuju kota cantik Antwerpen.

Letkol (Laut) Suharto, komandan KRI Dewa Ruci beserta ABK (anak buah kapal/"crew") sebanyak 164 orang disambut Belgian Navy Commander Patrick Van den Bergh bersama Atase Pertahanan RI untuk Belanda dan Belgia Kol. Wisnu, ujar "Minister Counsellor" Pensosbud/Diplik KBRI Brussel, P.L.E. Priatna dalam surat elektroniknya, Minggu (11/7/2010).

PLE Priatna ikut menyambut bersama ratusan masyarakat Antwerpen  detik-detik merapatnya KRI Dewa Ruci dan prosesi atraksi merapatnya Dewa Ruci di bibir daratan Belgia bersama Sekretaris III Pensosbud KBRI Brussel, Royhan Wahab dan Punjul Nugraha, di galangan sandar kota Anterwepen.

KBRI Brussel menyambut kedatangan Letkol (Laut) Suharto beserta ABK Dewa Ruci di jamu KBRI Brussel di kantor KBRI Brussel di Avenue de Tervuren 294.  Letkol (Laut) Suharto mengaku gembira menyaksikan antusiasme masyarakat Belgia yang tiada putus menanti giliran mengunjungi kapal bersejarah KRI Dewa Ruci yang pertama kali berlayar ke Jerman tahun 1953 ini.

Para kadet KRI Dewa Ruci menyuguhkan beragam atraksi untuk menghibur masyarakat Belgia. Mereka menari aneka tarian nusantara, termasuk poco-poco, dan menggelar acara "coctail party" di atas kapal. "Ini daya tarik yang luar biasa dan menjadi ikon unik untuk Indonesia di Belgia," ujar Priatna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com