Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenbudpar Optimis Capai 7 Juta Wisman

Kompas.com - 13/07/2010, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata semakin optimistis target menjaring 7 juta wisatawan tahun 2010 akan tercapai. "Kami optimistis target tujuh juta akan tercapai dengan melihat positifnya pertumbuhan wisman dalam lima bulan terakhir ini," kata Direktur Promosi Luar Negeri Kemenbudpar, I Gde Pitana Brahmananda di Jakarta, Selasa (13/7/2010).

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisman pada periode Januari-Mei 2010 mencapai 2,767 juta wisman. Angka itu mengalami kenaikan sebesar 14,59 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 2,41 juta wisman.

"Kami semakin yakin target akan tercapai karena hampir semua negara yang menjadi pasar utama kita menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan," kata Pitana.

Kenaikan kunjungan wisman secara signifikan terjadi pada turis asal Australia yang sebagian besar memilih Bali sebagai destinasi wisata utama.

Tercatat pertumbuhan turis Australia dalam periode Januari-Mei 2010 sebesar 45,59 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tingkat pertumbuhan itu merupakan pertumbuhan tertinggi dibandingkan negara pasar utama wisata Indonesia yang lain.

Kontributor jumlah wisman terbesar masih ditempati oleh Malaysia dan Singapura. "Hampir semua negara pasar utama kita naik, kecuali satu yakni Jepang yang turun 12 persen dibandingkan tahun lalu," katanya.

Tercatat kunjungan wisman ke Tanah Air pada Mei 2010 sebanyak 600.031 wisman atau naik 15,01 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 521.700 wisman. Sebagian besar wisman masuk melalui Bandara Ngurah Rai, Bali, atau sebanyak 944.544 wisman dari 2,767 juta wisman yang berkunjung ke tanah air selama lima bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com