Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Pilih Berinteraksi dengan Anak-anak

Kompas.com - 31/07/2010, 20:44 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengaku enggan berpidato di depan anak-anak saat acara peluncuran buku komik tentang dirinya di Atrium Trans Studio. "Saya tidak mau kalau berpidato di depan anak-anak. Lebih baik jika saya langsung berinteraksi dengan mereka dan menanyakan makna kepemimpinan itu sendiri," ucap Kalla di Makassar, Sabtu (31/7/2010).

Menurut Kalla, model pidato tidak tepat digunakan untuk anak-anak, karena anak-anak belum tentu mengerti isi pidato tersebut. "Dari hasil interaksi yang dilakukan, ternyata anak-anak bisa menyimpulkan sendiri mengenai makna kepemimpinan itu," katanya.

Pidato di depan anak-anak sama halnya dengan menggurui mereka, dan pasti hal tersebut akan membosankan karena mereka sudah sangat sering mengalaminya di sekolah. "Pada saat saya menanyakan kepada mereka, timbul berbagai ide kreatif dan spontan dari mereka, dan itulah sebenarnya yang lebih disukai oleh anak-anak," ujarnya.

Antusiasme anak-anak mengikuti acara peluncuran komik Jusuf Kalla ini terlihat dari semangat anak-anak untuk menjawab pertanyaan Kalla sekaligus mengajukan berbagai pertanyaan.

Kalla juga sempat menyampaikan pesan agar anak-anak Indonesia jangan sampai banyak mengeluh, dan tetap memiliki semangat untuk belajar. "Saya senang dengan sambutan serta antusiasme anak-anak saat berbagi pengalaman dan juga bercerita tentang berbagai hal," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PMI ini juga mendapatkan ratusan pucuk surat dari anak-anak yang berisi kekaguman dan harapan terhadap sosok Jusuf Kalla. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com