Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Siapkan Dana Rp 27 Miliar

Kompas.com - 11/08/2010, 13:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menuntaskan proyek perkampungan Betawi di kawasan Situ Babakan, Jakarta Selatan. Salah satu langkah yang mulai dilakukan tahun ini adalah pembebasan lahan warga seluas lebih kurang 3,2 hektar.

"Langkah awal kami perlu ekstension, bagaimana konsep budaya Betawi untuk satu kampung secara keseluruhan. Masterplan sudah ada yang akan dipakai untuk pembebasan lahannya seluas 3,2 hektar," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) seusai rapat dengan Badan Musyawarah Betawi, Rabu (11/8/2010) di Balaikota DKI Jakarta.

Proses pembebasan lahan masih berjalan, ditargetkan selesai pada tahun ini. Koordinator Bidang Pengawasan dan Pengendalian Lembaga Pengelola Perkampungan Budaya Betawi Agus A Asenie mengatakan, untuk pembebasan lahan 3,2 hektar itu disiapkan dana sekitar Rp 27 miliar. Harga per meter tanah di kawasan tersebut sesuai NJOP Rp 920.000.

Setelah proses pembebasan lahan selesai, tahun 2011 akan dimulai pembangunan. Saat ini, jelas Agus, lahan yang sudah tersedia seluas 3 hektar akan dibuat pulau yang di atasnya akan dibangun rumah-rumah khas Betawi. Ke depannya, kawasan itu akan dijadikan kawasan wisata di mana para pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai perkampungan Betawi masa lalu, tetapi akan dikemas sesuai situasi masa kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com