Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Tari Saman Dapat Serifikat Unesco

Kompas.com - 19/10/2010, 03:17 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com--Tari Saman yang merupakan salah satu tari tradisonal asal Provinsi Aceh ditargetkan dapat meraih sertifikat  dari UNESCO pada 2011, kata salah seorang pejabat di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film (NBSF) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Tjetjep Suparman di Banda Aceh, Senin mengatakan dengan pendekatan dengan badan dunia tersebut upaya untuk menjadikan tari Saman sebagai kekayaan intelektual dapat terwujud.

"Pemerintah terus berupaya agar UNESCO segera memberikan sertifikat internasional dengan mengakui tari Saman sebagai hak kekayaan intelektual sebagai warisan budaya asli Indonesia," katanya disela-sela Pekan Apresiasi dan peresmian gedung operasional Tenaga Fungsional, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh.

Ia mengatakan, tari Saman yang dimainkan dengan gerakan dinamis dan atraktif asal dataran tinggi Gayo itu masih dalam proses untuk mendapat sertifikat dari badan dunia tersebut.

Disebutkannya, pemerintah sudah menerima sertifikat internasional dari UNESCO yakni wayang, batik dan keris sebagai warisan budaya asli Indonesia.

Pemerintah juga sedang mengajukan angklung, alat musik dari bambu untuk mendapat pengakuan yang sama dari banda dunia tersebut.

Tjetjep mengharapkan, seluruh masyarakat Aceh agar dapat terus melestarikan kelangsungan tarian itu, apabila sudah mendapat sertifikat dari Unesco.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mengatakan pihaknya telah mengusulkan sejak dua tahun lalu agar tari Saman tersebut diusulkan untuk mendapapengakuan dari UNESCO.

Dijelaskannya, tari Saman mendapatkan registrasi 01.01.01.001 untuk diusul ke UNESCO guna dijadikan sebagai warisan Indonesia dan dunia, pada kategori warisan budaya bukan benda.

Pemerintah Aceh memberikan apresiasi atas keseriusan pusat  menindaklanjuti usulan agar Tari Saman mendapat perlindungan mendesak untuk menjadi warisan dunia yang diregistrasi melalui UNESCO.

Selain tari Saman, Aceh juga memiliki sejumlah tarian tradisional yang unik dan memikat, antara lain Seudati dan Rapai Geleng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com