Pongo Hadir di Mekarsari

Kompas.com - 25/12/2010, 19:59 WIB
EditorI Made Asdhiana

BOGOR, KOMPAS.com — Taman Wisata Mekarsari di Cileungsi Bogor akan menghadirkan augmented reality show pertama di Asia. Pertunjukan yang diberi tajuk "The Pongo Show" akan menampilkan tokoh karakter orang utan bernama Pongo. Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi seperti gambar ke sebuah lingkungan nyata.

Dalam proyek ambisius tersebut, Taman Wisata Mekarsari melibatkan Richard Buntario sebagai Creative, Supervisor, dan Pelaksana Proyek The Pongo Show. Richard menjelaskan bahwa teknologi AR menghasilkan karakter animasi yang bisa berinteraksi dengan penonton secara real time.

"Jadi Pongo nanti bisa komunikasi dan mengobrol dengan penonton, bahkan bisa nari, nyanyi bersama penonton," kata Richard, Sabtu (25/12/2010).

Irfan Penyok yang dikenal sebagai Mas Karyo, seorang komedian yang sudah sering muncul di televisi, akan memainkan karakter Pongo. Teknologi kalibrasi tersebut mengingatkan pada prinsip teknologi yang dipakai untuk menghidupkan karakter Gollum pada film Lord of The Rings.

Richard menjelaskan bahwa pertunjukan menggunakan teknologi AR tersebut bukan saja pertama di Asia, bahkan bisa juga disebut pertama di dunia. Beberapa pihak asing yang terlibat dalam pembuatannya mengatakan kalau penggunaan AR secara real time untuk pertunjukan belum ada di dunia. Ia juga menambahkan, di Universal Studio dan Disneyworld belum ada pertunjukan semacam ini.

Tak heran ada beberapa nama besar di industri film internasional yang terlibat di pembuatan The Pongo Show. Salah satunya adalah animator John Kubasco yang terlibat dalam pembuatan film Avatar karya James Cameron. The Pongo Show tak sekadar menghibur, tetapi juga akan memberikan edukasi kepada anak-anak sebagai target penonton. Jadi, materi pendidikan dikemas dengan lucu.

Marketing Communication Director Taman Wisata Mekarsari Tama S Sinulingga mengatakan bahwa The Pongo Show tayang dengan durasi 20 menit. Harga tiket yang ditawarkan adalah Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 30.000 untuk akhir pekan.

"Selama enam bulan cerita akan sama, bulan berikutnya cerita akan beda," ucapnya.

Rencananya, The Pongo Show akan dipertunjukkan untuk kali pertama pada media gathering, Sabtu, 25 Desember 2010. Namun sayang, karena kendala teknis, jadwal pun terpaksa diundur.

"Tapi kami berusaha secepat mungkin memperbaikinya supaya bisa segera ditonton," kata Tama.

Pengelola Taman Wisata Mekarsari menjanjikan bahwa The Pongo Show bisa mulai ditonton masyarakat umum selambatnya pada Januari 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.