Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Hujan Lebat Saat Imlek

Kompas.com - 31/01/2011, 04:13 WIB

Jakarta, Kompas - Dalam satu minggu mendatang, hujan akan mengguyur sebagian besar zona musim di Indonesia. Namun, saat hari raya Imlek, pada Kamis, 3 Februari 2011, hanya sebagian kecil zona musim di Indonesia yang akan mengalami hujan. Itu pun dalam skala ringan sampai sedang. Hujan bersifat sporadis dan tidak berlangsung lama.

Demikian prakiraan cuaca mingguan yang dikeluarkan Bagian Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Minggu (30/1).

Hary Tirto Jatmiko, Kepala Subbidang Informasi Publik BMKG, menjelaskan, di Sumatera hujan akan mengguyur sebagian besar kawasan utara yang meliputi Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, dan juga wilayah di pesisir barat Sumatera hingga ke Lampung.

Di Jawa, hujan akan terjadi di sebagian kecil wilayah, yaitu kawasan barat dan tengah pulau tersebut. Karena itu, perlu diwaspadai potensi banjir lahar dingin di Merapi, yang berada di kawasan tengah Pulau Jawa.

Wilayah Bali hingga Nusa Tenggara Timur tergolong kurang hujan dalam seminggu mendatang.

Di Kalimantan, konsentrasi hujan akan terjadi di timur dan selatan, tetapi seminggu berikutnya bergeser ke barat. Di Sulawesi, hujan ringan hingga lebat berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah utara dan barat.

(YUN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com