Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Malaya Jalan Lombok

Kompas.com - 13/02/2011, 08:13 WIB

KOMPAS.com - Nyari makan malam yang enak dan murah? Kenapa nggak cobain Ayam Malaya di Jalan Lombok, Menteng, Jakarta Pusat. Sebenarnya di Jalan Lombok ini terdapat beberapa pedagang makanan bukan hanya Ayam Malaya saja, dan mereka berkumpul di satu area jalan tersebut. Jadi banyak pilihan jenis makanan, seperti Go Hiong, Nasi Goreng Gila, Sate Ayam, dan Roti Bakar. Tapi yang lumayan menjadi favorit disini adalah Ayam Malaya-nya, makanya tempat ini terkenal dengan nama Ayam Malaya. Tempat ini pun dijadikan tempat kongkow-kongkow dari anak muda sampai orang tua pun ada. Tempat ini mulai beroperasi dari sore hingga tengah malam.

Malam itu saya dan teman saya yang baru datang dari Purwokerto, Wendy, mau makan malam, nah kebetulan dia belum pernah nyobain Ayam Malaya ini, makanya saya ajak dia untuk mencobanya. Tempat ini sebenarnya sangat sederhana, hanya ada gerobak-gerobak makanan dan beberapa meja sederhana dan kursi yang di tempatkan di trotoar.

Tempatnya terbuka, jadi kalau hujan, yaa...bubar kali ya..he-he... Tapi cukup bersih kok tempatnya. Atau kalau anda ingin makan di mobil juga bisa. Tapi kami pilih duduk di sebuah meja kecil dan pelayan-pelayannya langsung mendatangi kami sambil menawarkan makanan mereka.  Kami pesan Ayam Malaya yang terkenal itu, Ngo Hiong dan Nasi Goreng Gila.

Setelah menunggu sekitar 10 menit, makanan kami pun berdatangan. Kita cobain dulu ayamnya ya. Ayam Malaya itu adalah daging fillet ayam yang digoreng tepung kemudian disajikan dengan kuah gurih. Rasa ayamnya sih ya seperti ayam goreng tepung biasanya, mungkin yang membuat beda adalah kuahnya itu. Kuah encer berwarna gelap dan rasanya sedikit  manis dan gurih, lebih enak sih kalau diberi sambal supaya lebih ada rasanya. Dan memang kuah yang pas banget untuk ayam goreng tepung tersebut.

Kalau saya sih lebih suka dengan Ngo Hiong-nya. Ngo Hiong disini adalah tahu goreng yang dicampur dengan adonan aci, dan disajikan dengan kuah gurih. Kuahnya mirip dengan kuah ayam tadi. Rasanya enak banget, dan tidak terasa saya menghabiskan satu porsi sendirian. Nah kalau nasi goreng gila-nya sih ya oke lah.

Boleh lah kapan-kapan makan disini lagi sambil kumpul bareng teman-teman, selain tempatnya santai banget, makanannya pun enak dan murah meriah. Lain kali kami juga pingin mencoba sate ayamnya, sepertinya enak juga. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com