Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Wisata ke Jakarta Utara!

Kompas.com - 17/03/2011, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Utara berencana untuk gencar mempromosikan pariwisata. Sebelumnya, pada 26 Juli 2009, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara telah mencanangkan 12 jalur destinasi wisata pesisir Jakarta Utara. "Ada 58 objek wisata di Jakarta Utara. Ke-58 objek wisata itu masuk ke 12 jalur destinasi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jakarta Utara, Grace Mandagi, Rabu (16/3/2011).

Kedua belas jalur tersebut antara lain Kawasan Muara Angke, Kampung Bandan, Kawasan Mangga Dua, Kawasan Pluit, Kawasan Ancol, Kawasan Luar Batang, Kawasan Tanjung Priok, Kawasan Sunda Kelapa, Kawasan Marunda, Jakarta Islamic Center, Kampung Tugu, dan Kawasan Kelapa Gading.

Grace menuturkan objek wisata yang ramai dikunjungi adalah Sunda Kelapa, Museum Bahari, dan Ancol. Sementara itu Bahtera Jaya dan Stasiun KA Tanjung Priok masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Walaupun stasiun KA sudah sering menjadi tempat syuting film.

Ia menambahkan setiap tahunnya pasti ada peningkatan tingkat kunjungan wisatawan asing maupun wisatawan nusantara. Meskipun terjadi penumbuhan hanya sedikit. Misalnya seperti di tahun 2008, menurut data BPS, terjadi pertumbuhan kunjungan sebesar 0,34 persen dibanding 2007.

Pada tahun 2008, tingkat kunjungan wisatawan asing mencapai lebih dari 1,2 juta. Sedangkan wisatawan nusantara lebih dari 21 juta. Sarana promosi lainnya adalah dengan mengadakan beberapa acara. Acara-acara tersebut antara lain Pemilihan Abang None Jakarta Utara, Festival Wisata Pesisir, dan Festival Jet Ski. Sementara itu beberapa program acara dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta juga akan mengambil tempat di Jakarta Utara. Acara-acara tersebut antara lain Festival Kereta Api, Festival Sunda Kelapa, dan Festival Teluk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com