Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maunya Wisman, Aman dan Tidak Macet...

Kompas.com - 17/03/2011, 09:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata pesisir Jakarta Utara menyimpan potensi yang tinggi. Ada 58 objek wisata di Jakarta Utara. Namun terdapat beberapa kendala dalam menjaring wisatawan asing. "Wisatawan asing maunya aman dan tidak macet. Kendala kita ya di transportasi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jakarta Utara, Grace Mandagi, Rabu (16/3/2011).

Hanya saja, kendala macet tak menyurutkan pihaknya untuk gencar berpromosi. Grace mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan ASITA untuk menjaring wisman ke kawasan wisata Jakarta Utara. "Kita informasikan ke travel agent kalau ada kunjungan-kunjungan, tolong antar ke Jakarta Utara," katanya.

Rencananya di tahun 2011, pihaknya akan meminta biro perjalanan wisata membawa wisatawan berpelesir di Jakarta Utara selama seharian penuh. Program lain yang akan dikembangkan di tahun 2011 adalah orientasi kepariwisataan tentang 12 jalur destinasi wisata pesisir Jakarta Utara bagu pramuwisata setempat.

Dalam program tersebut, warga-warga setempat yang tidak memiliki pekerjaan tetap dididik untuk menjadi pramuwisata. Harapannya, mereka pun bisa ikut menjual objek wisata yang ada di wilayahnya. Sehingga dapat menimbulkan rasa memiliki pada objek wisata di kawasannya dan pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Kedua belas jalur destinasi wisata pesisir Jakarta Utara antara lain Kawasan Muara Angke, Kampung Bandan, Kawasan Mangga Dua, Kawasan Pluit, Kawasan Ancol, Kawasan Luar Batang, Kawasan Tanjung Priok, Kawasan Sunda Kelapa, Kawasan Marunda, Jakarta Islamic Center, Kampung Tugu, dan Kawasan Kelapa Gading.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com