Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Bom Tak Pengaruhi Kunjungan Wisata

Kompas.com - 23/03/2011, 18:28 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Teror bom yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisata. "Hal itu disebabkan kondisi Indonesia sesungguhnya memang aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan," kata Sekjen Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Wardiyatmo di sela Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Kebudayaan dan Pariwisata Tahun Anggaran 2012, di Yogyakarta, Rabu (23/3/2011).

Menurut Wardiyatmo, teror bom itu hanya terjadi di beberapa tempat, sedangkan wilayah Indonesia sangat luas, dan obyek wisatanya pun sangat bervarisasi. Dengan adanya teror bom akhir-akhir ini, belum ada pembatalan kunjungan wisata. "Oleh karena itu, setiap perkembangan yang terjadi harus diinformasikan kepada pasar sehingga pasar mengetahui kondisi yang sesungguhnya," katanya.

Wardiyatmo mengatakan, berdasarkan data yang ada, wisatawan dari Singapura, Malaysia, dan Jepang tidak terpengaruh dengan adanya teror bom.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir mengatakan, kunjungan wisata akan terpengaruh dengan adanya teror bom jika berita itu terlalu dibesar-besarkan. "Berita teror bom yang dibesar-besarkan akan menjadikan orang takut ke Yogyakarta. Oleh karena itu, berita mengenai teror bom hendaknya disampaikan secara proporsional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com