Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Pekalongan Pukau Publik Athena

Kompas.com - 08/04/2011, 18:47 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Keindahan desain dan motif serta kualitas pakaian batik Pekalongan koleksi perancang Afif Syakur mengundang decak kagum 450 undangan yang hadir pada acara "Peragaan Busana Batik"  yang diadakan di Hotel Divani Caravel, Athena, Kamis (7/4/2011) siang.

Acara ini dipadukan dengan Konser Angklung Interaktif yang dibawakan dengan memikat oleh lima musisi yang sengaja didatangkan dari Kota Bandung, ujar Sekretaris Pertama KBRI Athena Jani Mediawati Sasanti di London, Jumat.

Kedua pergelaran akbar diadakan mengawali musim semi ini mendapat dukungan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia kepada KBRI di Athena dengan hadirnya istri Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia Ny Triesna Wacik serta Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kembudpar dan Ny DR Sapta Nirwandar.

Sementara itu, dari pihak Pemerintah Yunani hadir para pejabat pemerintah, istri pejabat dari Kementerian Luar Negeri Yunani, Dubes dan istri, kalangan korps diplomatik di Athena, anggota Women International Club Athena, perancang busana terkemuka di Yunani dan warga Yunani pencinta Indonesia.

Dubes RI untuk Yunani Ahmad Rusdi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari dua perjanjian kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Yunani di bidang budaya dan pariwisata yang ditandatangani pada tahun 2004 dan 2008.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan batik dan angklung yang ditetapkan UNESCO masuk dalam Daftar Representatif Budaya Nonbenda Warisan Manusia pada tahun 2009 dan 2010.

Dubes mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat terhadap kekayaan budaya Indonesia, selain meningkatkan people-to-people contact antara warga kedua negara.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dari Kembudpar  yang memungkinkan terselenggaranya acara pergelaran spektakuler ini.

Sementara itu, Dirjen Pemasaran Pariwisata, Kembudpar DR Sapta Nirwandar mengatakan, peragaan busana bertujuan tidak saja mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia, tetapi juga menyukseskan Tahun Kunjungan Indonesia 2011.

Kegiatan ini diharapkan berdampak nyata bagi upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan sebesar 7 juta pada 2011.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com