Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisman Pun Ikut Bersihkan Sampah di Kuta

Kompas.com - 09/04/2011, 16:51 WIB

KUTA, KOMPAS.com — Ratusan personel Kepolisian Resor Kota Denpasar dan Kepolisian Sektor Kuta, Bali, pada Sabtu (9/4/2011) pagi melakukan aksi bersih-bersih Pantai Kuta. "Kuta bukan hanya milik warga Kuta, tetapi kami juga merasa memiliki Kuta sehingga perlu perhatian lebih," ungkap Kepala Polsek Kuta Ajun Komisaris Gede Ganefo pada acara tersebut.

Ganefo mengatakan, aksi membersihkan pesisir Pantai Kuta ini tidak hanya terkait pemberitaan media Time yang sempat menyinggung soal sampah di Kuta, tetapi merupakan kegiatan rutin kepolisian yang dialihkan ke Pantai Kuta. "Polisi setiap Jumat juga memiliki kegiatan bersih-bersih rutin di tiap polsek masing-masing dan ini sekaligus memindahkan para personel untuk membersihkan pantai," katanya.

Kegiatan membersihkan pantai dari sampah-sampah kiriman maupun sampah pantai ini dilakukan oleh sekitar 500 personel yang terdiri atas Polsek Kuta, Polresta Denpasar, Polair Kuta, Balawista, serta Bendesa Adat Kuta.

Aksi para personel polisi yang memunguti sampah di sepanjang Pantai Kuta itu pun juga menyita perhatian wisatawan asing. Beberapa wisatawan itu pun turut membantu memunguti sampah plastik maupun sampah organik.

Seperti Gainy, wisatawan asal Australia, menurut dia aksi polisi ini sangat bagus karena tidak hanya peduli dengan kejahatan, tetapi juga lingkungan. "Ya sangat bagus. Dan saya ikut membantu karena saya juga kan bermainnya di pantai ini. Jadi untuk kebaikan kita bersama," katanya.

Selain memunguti sampah yang tersebar di sepanjang pantai, ratusan personel polisi ini juga menggali pasir-pasir pantai untuk mencari sampah-sampah yang tak terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com