Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peralatan Memasak Mengikuti Selera Pasar

Kompas.com - 28/04/2011, 23:30 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com - Produk peralatan memasak yang sekarang diminati pasar, mudah digunakan dan tidak membahayakan bagi kesehatan. Kehadiran alat memasak dengan pelapis antilengket selain penggunaan dan perawatan mudah, juga bisa mengurangi kadar kolestrol karena memasak hanya butuh sedikit minyak atau lemak.

"Memasak sudah menjadi gaya hidup, termasuk di Indonesia, sehingga peralatan memasak juga harus mengikuti selera pasar, termasuk warna dan model," kata Business Development Manager DuPont Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Blasius H Bajang di pabrik PT Maspion di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (28/4/2011).

Vice GM Marketing Maspion Group, Edwin Siswanto, menambahkan bahwa permintaan pasar lokal terus meningkat. Saat ini produk peralatan masak menggunakan pelapis antilengket teflon, hanya 30 persen yang diekspor ke berbagai negara di Asia, Amerika, dan Eropa, sedangkan 70 persen mengisi kebutuhan pasar domestik.

"Peningkatan permintaan juga mendorong pertumbuhan pada penjualan yang rata-rata naik 15- 20 persen. Produk peralatan memasak dari China yang membanjiri pasar lokal, tidak menggoyahkan pemasaran baik di domestik maupun luar negeri," ungkap Edwin.

Menurut Blasius, kini lebih dari dua miliar alat masak teflon sudah terjual di lebih dari 40 negara di dunia. Hingga kini belum pernah ada masalah kesehatan akibat penggunaan bahan antilengket tersebut. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), Otoritas Keamanan Makanan Eropa, serta badan kesehatan publik di Asia dan negara lain menyetujui lapisan antilengket teflon aman untuk digunakan pada alat masak.

Pada 2009, DuPont memperkenakan teflon generasi baru yang disebut Gen X. Teknologi baru ini meningkatkan ketahanan produk dan memungkinkan DuPont membuat lapisan antilengket berkinerja tinggi tanpa penggunaan perfluorooctanoic acid (PFOA), sehingga lebih ramah lingkungan.

DuPont juga terus melakukan riset yang mendalam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh dunia, termasuk peralatan memasak. "DuPont berkomitmen terhadap masalah lingkungan hidup dalam kegiatan riset dan produksinya," kata Blansius.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, pengembangan produk merupakan indikator penting bagi DuPont. Hingga saat ini, perusahaan itu telah memperkenalkan 1.786 produk baru dan mematenkan 2.034 teknologi di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com