Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuti Bersama Dongkrak Kunjungan Wisnus

Kompas.com - 03/06/2011, 20:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia atau Asita Daerah Istimewa Yogyakarta Edwin Ismedi Himna mengatakan, kebijakan pemerintah tentang cuti bersama diharapkan bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Nusantara ke DIY.

"Libur cuti bersama bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Nusantara (wisnus), apalagi jika cuti bersama itu diumumkan dua bulan sebelumnya karena ada kecenderungan wisnus, terutama perusahaan, mengadakan pertemuan karyawannya pada hari libur panjang," kata Edwin di Yogyakarta, Jumat (3/6/2011).

Diminta komentarnya mengenai libur cuti bersama 3 Juni 2011, Edwin mengatakan, jika informasinya mendadak seperti halnya pada libur cuti bersama 16 Mei lalu malah merugikan dan mengecewakan pelaku wisata di daerah karena wisnus tidak mempersiapkan diri untuk kunjungan wisata. "Pengelola hotel merasa kecewa karena hotel mereka tidak jadi penuh, padahal sudah diharapkan sebelumnya," kata Edwin.

Edwin mengatakan, sebaiknya pemerintah mengumumkan libur cuti bersama ini beberapa bulan sebelumnya sehingga pelaku wisata bisa menyiapkan diri sejak lama. "Pengumuman libur cuti bersama 3 Juni ini tergolong mendadak, mestinya enam bulan sebelumnya diumumkan sehingga tiap orang bisa mengagendakan perjalanan wisata jauh hari sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih mengatakan, libur cuti bersama 3 Juni ini terkait peringatan Kenaikan Isa Almasih dinilai bisa menjadi peluang untuk menambah kunjungan wisatawan. "Libur cuti bersama itu juga sekaligus bisa meramaikan obyek wisata di daerah ini," kata Widi.

Menurut Widi, peluang yang baik ini harus ditangkap biro perjalanan wisata (BPW) dan pelaku usaha pariwisata lainnya di daerah ini  karena saat libur cuti bersama jumlah wisatawan yang berkunjung pasti banyak. "Libur cuti bersama bisa menjadi solusi terkait dengan sepinya kunjungan wisatawan mancanegara dengan menyedot sebanyak mungkin wisatawan Nusantara untuk datang ke Yogyakarta," katanya.

Untuk itu, lanjut Widi, libur cuti bersama memiliki potensi besar mendatangkan wisatawan khususnya wisnus, apalagi jika digarap dengan baik. "Jika digarap dengan baik, kunjungan wisatawan yang sedang liburan itu dapat mendatangkan keuntungan besar bagi pelaku usaha pariwisata dan pihak terkait lainnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com