Tour de Singkarak 2011 Resmi Dibuka - Kompas.com

Tour de Singkarak 2011 Resmi Dibuka

Kompas.com - 06/06/2011, 17:54 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Tour de Singkarak resmi dibuka di di Taman Budaya Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (6/6/2011). Pembukaan ajang balap sepeda tingkat internasional tersebut langsung diikuti dengan pelaksanaan lomba Etape I Padang Circuit Race. Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gendang Tasa oleh Menbudpar Jero Wacik.

"Ini untuk promosi Sumatera Barat. Sarananya melalui balap sepeda. Pasti peserta diikuti media ke 12 kabupaten yang dilintasi peserta. Di situlah terjadi pengambilan gambar. Di situlah Sumbar dipromosikan. Penonton, official, peserta, semua akan merasakan indahnya Sumbar," kata Jero Wacik dalam jumpa pers usai meresmikan TdS.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Pemasaran Kembudpar, Sapta Nirwandar menuturkan TdS merupakan gabungan pariwisata dan olahraga. Sehingga, lanjutnya, setiap atlet akan mendapatkan sesuatu yang unika. Menurutnya, setiap atlet disuguhkan aneka budaya, kuliner, sampai alam Sumbar.

"Sekarang Tour de Singkarak telah mendapatkan sambutan hangat dalam dan luar negeri. Tour de Singkarak sudah masuk dalam kalender Union Cycliste Internationale. Tour de Singkarak sudah masuk kalender internasional," katanya.

Sementara itu, Etape I melombakan jarak total 61 km dalam 5 putaran dan melibatkan seluruh peserta Tour de Singkarak 2011 dari 13 tim internasional dari 17 negara dan 11 tim nasional. Etape I akan bermula di Taman Budaya di Jalan Samudera, melintasi Jl. Hayam Wuruk, Jl. Diponegoro, Jl. Damar, Jl. Sudirman, Jl. Veteran dan kembali ke Taman Budaya sebagai titik akhir lomba. Ferinanto dari United Bike Kencana, Malang, keluar sebagai pemenang pertama etape ini. Pemenang kedua Chan Jae Jang dari Trengganu Pro-Asia Cycling Team, Malaysia. Sedangkan pemenang ketiga adalah Projo Waseso dari United Bike Kencana, Malang.

Selain Menbudpar, bertindak selaku pembuka TdS adalah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI Sapta Nirwandar, Ketua PB ISSI Phanny Tanjung. Turut hadir pula Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, Walikota Padang Fauzi Bahar, tokoh masyarakat Minang Azwar Anas dan Kapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Wahyu Indra Pramugari.

TdS berlangsung 6-12 Juni 2011 di 12 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Peserta yang berpartisipasi berjumlah 13 tim internasional dan 11 tim nasional. Total negara yang ikut serta adalah 17 negara. TdS 2011 akan melombakan 7 etape dengan jarak total 739,3 km.

Kabupaten dan kota yang terlibat antara lain Pemkot Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

TdS merupakan ajang internasional lomba balap sepeda tahunan yang sudah berlangsung tiga kali. Ajang ini sudah menjadi agenda resmi tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale) bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), pemerintah daerah, dan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Untuk mengetahui informasi mengenai lomba balap sepeda ini follow twitter TdS di @tourdesingkarak.


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X