Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restorasi Lawang Sewu Selesai

Kompas.com - 01/07/2011, 14:39 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Pelaksanaan restorasi Gedung Lawang Sewu di kawasan strategis di Tugu Muda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/7/2011) telah selesai. Sedianya peresmian selesainya restorasi ini akan dilakukan oleh Ibu Negara, Ny Ani Yudhoyono, pada 5 Juli mendatang.

Kepala Pusat Pelestarian Benda dan Aset Bersejarah PT Kereta Api, Ella Ubaidi, Jumat (1/7/2011), mengemukakan, peresmian Lawang Sewu bersamaan dengan pembukaan pameran kerajinan nasional berlangsung 5 10 Juli 2011.

Gedung Lawang Sewu kini makin cemerlang, setelah diperbaiki dan direstorasi bagian-bagian bangunan bersejarah ini selama lebih sebulan. Kini gedung ikon Kota Semarang itu akan menjadi pelengkap obyek wisata sejarah yang penting di Ibu Kota Jateng, ujar Ella Ubaidi.

Ella Ubaidi mengemukakan, Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah bagi kantor Nederland-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Gedung Lawang Sewu dibangun pada 1904 dan resmi digunakan sebagai kantor jawatan kereta api di Indonesia pada 1907.

Lokasi tempat Lawang Sewu berdiri adalah kawasan bundaran Tugu Muda atau dahulu disebut Wilhelminaplein. Masyarakat menyebut gedung itu Lawang Sewu (seribu pintu) . Di lokasi inilah, perajin berbagai cendera mata dan barang-barang kebututuhan hasil olah tangan dari sejumlah pelosok Indonesia akan dipamerkan selama lima hari mulai 5 Juli. (WHO)   

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com