Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pebalap Ikuti Gowes Jurnalistik

Kompas.com - 15/07/2011, 13:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gowes Jurnalistik: Pantau Jalur Mudik Jakarta-Surabaya 2011 yang digelar Kompas.com juga diikuti dua pembalap senior. Mereka adalah Marta Murfeni dan Devino Oktavianus.

"Kami ingin juga berartisipasi karena ini acara menarik. Bukan sekadar tur bersepeda, tapi juga melakukan aktivitas jurnalistik," kata Marta Murfeni.

Hal sama dikatakan Devino Oktavianus. "Saya sudah sering tur bersepeda, bahkan pernah sendiri dari Jakarta ke Sabang, Aceh. Tapi, belum pernah tur bersepeda sambil beraktivitas jurnalistik. Ini tantangan yang menyenangkan," kata pembalap yang sering disapa Devin ini.

Gowes jurnalistik ini dilaksanakan pada 15-24 Juli 2011. Rutenya mengambil jalur selatan dan utara. Total, pantau jalur mudik ini diikuti 12 orang.

Tiga orang lebih dulu memantau jalur utara dari Jakarta ke Semarang, lalu ke Surabaya melewati Demak, Kudus, Rembang, dan Tuban. Sebagian pantauan dilakukan di jalur selatan dari Surabaya, Jombang, Nganjuk, Ngawi, Solo, Yogyakarta, Kebumen, Tasikmalaya, Bandung, dan kembali ke Jakarta.

Sementara pada 15-24 Juli 2004, pemantauan dilakukan dengan gowes oleh lima orang plus dua cadangan. Kelima orang itu adalah Agustinus Wisnubrata, Fikria Hidayat, dan Hery Prasetyo yang ketiganya wartawan Kompas.com, sedangkan Devino dan Marta merupakan pembalap profesional. Kehadiran Devin dan Marta membuat komunitas sepeda di berbagai kota ingin menyambut kegiatan ini.

"Sudah ada beberapa rekan di Semarang dan kota lain yang siap menyambut peserta gowes jurnalistik," ujar Marta.

"Bahkan ada yang mau bergabung menggowes dari Semarang ke Solo sambil mengantar rombongan," ujar Devin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com