Hmm... Kopi Segar ala Halmahera

Kompas.com - 30/07/2011, 08:57 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com — Apakah Anda termasuk salah satu penggila kopi? Kini hadir kopi baru dari Halmahera yang segar dan baru diolah. Anda bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan kopinya. Indonesia memang merupakan salah satu negara penghasil dan penggemar kopi terbesar di dunia.

Tak heran, minuman kopi saat ini sangat popular dan menjadi gaya hidup dalam menjalankan aktivitas sehari-hari baik di kalangan anak muda maupun orang tua. Begitu pula dengan perkembangan industri kopi yang juga sangat berkembang pesat di Indonesia. Salah satunya ialah Halmahera yang mengelola kopi dengan sistem pembuatan dan penjualan dengan cara modern.

Halmahera menyajikan kopi asli buatan Indonesia dari berbagai daerah, seperti kopi jantan, tubruk, luwak, robusta, dan arabika yang langsung dibuat dari mesin coffee maker yang sudah tersedia di gerai tersebut. Saat pembuatan, pembeli hanya perlu menunggu beberapa waktu, sekitar dua menit untuk pembelian 1 kilogram kopi.

Kopi-kopi yang sudah diolah tersebut kemudian langsung dibungkus dan dikemas dengan sempurna sehingga kesegaran dan keharuman wangi kopi tidak mudah hilang. Kedai ini juga memiliki keunikan tersendiri sebab lebih memilih berada di dalam supermarket daripada di tempat lain. Halmahera juga mengusung konsep yang sederhana, tetapi tetap elegan.

"Biasanya saat orang belanja kopi di supermarket, kopi-kopi yang tersedia tidak segar dan baru lagi, makanya Halmahera hadir dengan menyediakan kopi yang fresh karena langsung dibuat di tempat kemudian dibawa pulang. Jadi kemurnian rasa kopinya tetap terjaga," kata Juliono, pemilik Halmahera.

Menu kopinya terdiri dari berbagai macam varian dan rasa. Paling favorit adalah kopi jantan atau peaberry coffee. Karena kopinya terdiri dari biji-biji kopi pilihan yang paling sempurna, rasa yang dikeluarkan adalah rasa kopi yang manis dan ringan saat dihirup, serta harumnya yang lebih semerbak.

"Saya lebih suka kopi rasa Arabika karena harum dan ringan rasanya sehingga cita rasa yang tercipta sangat pas,” ujar Dwi, salah satu pelanggan Halmahera.

Adapun kopi yang tak kalah populernya ialah kopi Special Blend. Kopi Special Blend merupakan kopi yang terdiri dari campuran kopi Sumatera, Sulawesi, dan Jawa Timur sehingga rasanya akan berbeda dari kopi biasanya karena paduan dari beberapa jenis kopi.

Kedai pertama Halmahera berada di The Foodhall Gourmet, Plaza Indonesia, Lower Ground Floor, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sejak pembukaannya di awal Juli kemarin, omzet penjualan kopi Halmahera kini sudah banyak mengalami kemajuan. Hal ini menandakan bahwa mulai banyak penikmat kopi Halmahera. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba mencicipi kopi segar ala Halmahera ini.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X