Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Lebaran, Penumpang KA Turun Drastis

Kompas.com - 31/08/2011, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah kumulatif penumpang mudik dari enam stasiun keberangkatan kereta api di Jakarta pada Rabu (31/8/2011) telah mengalami penurunan. Berkurangnya penumpang KA diperkirakan telah mencapai lebih dari 50 persen dibanding pada hari-hari puncak.

"Jumlah penumpang hari ini sekitar 24.000 orang. Jauh berkurang dibanding saat puncak, lebih dari 37.000 penumpang," kata Manajer Humas PT KAI Daops 1 Jakarta Mateta Rijalulhaq di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu.

Penurunan volume penumpang sebenarnya telah terjadi sejak Selasa (30/8/2011) kemarin. Total penumpang KA dari Jakarta ke berbagai tujuan kemarin adalah 34.980 penumpang. Khusus Stasiun Senen, penurunan jumlah penumpang baru terjadi pada hari ini. Hingga kemarin, rata-rata 11.000 penumpang berangkat dari stasiun tersebut, sementara pagi hingga sore tadi baru mengangkut 4.001 orang. Mayoritas penumpang hari ini adalah pemudik arah lintas selatan Jawa.

Meski demikian, PT KAI masih memberangkatkan jumlah rangkaian kereta yang sama, yaitu 19 KA reguler dan 6 KA tambahan. "Mulai besok akan ada pengurangan jumlah kereta," tambah Mateta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com