Tips Wisata di Raja Ampat

Kompas.com - 20/09/2011, 12:05 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Kendala paling umum saat wisata ke Raja Ampat adalah masalah akomodasi dan transportasi. Nah, siapkan bujet Anda dan simak tips berikut jika Anda berminat wisata ke Raja Ampat.

Akomodasi. Saat ini di Saonek Monde sedang dibangun tiga resor di Pulau Nyandebabo yaitu Batbitiem, Waiwo, dan Waigeo Selatan. Selama belum selesai dibangun, Anda dapat  tinggal di beberapa tempat berikut ini.

Pertama adalah Sorido Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya. Lalu ada Kri Eco Resort, resor tradisional yang dibangun di atas air. Pilihan lain adalah perkemahan di pulau atau rumah perahu yang banyak disediakan biro perjalanan wisata.

Meskipun Raja Ampat tidak sangat ramai tetapi sudah ada hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor.

Transportasi. Jika Anda terbang dari Jakarta maka akan memakan waktu 6 jam penerbangan ke Sorong dan berhenti di Manado. Anda dapat pula mengikuti tur menyelam di Bali dan terbang dari sana.

Sorong seperti layaknya kota besar lainnya. Anda bisa mendapatkan hampir segalanya di sini. Meskipun dengan harga yang lebih mahal karena letaknya yang terpencil.

Biasanya hanya wisatawan yang membeli paket dari biro perjalanan wisatawan adalah para penikmat wisata bahari di Raja Ampat. Anda tidak perlu mahir menyelam untuk mengikuti tur menyelam ini, karena agen perjalanan wisata menyediakan tur bagi penyelam yang bukan penyelam profesional atau terlatih.

Terbang dari Jakarta atau Bali ke Sorong disambung dengan penerbangan di Makasar atau Manado disediakan oleh beberapa maskapai nasional maupun asing. Ada 8 maskapai yang membuka jalur penerbangan tersebut.

Berkeliling. Biasanya penyelam akan bergabung dengan tur wisata dan tinggal di resor penyelam selama mengunjungi Pulau Raja Ampat. Untuk mengakses tempat-tempat penyelaman maka Anda dapat menghubungi biro perjalanan wisata yang dapat ditemukan di Sorong.

Beberapa biro perjalanan wisata juga menawarkan pilihan tur dari atas perahu seperti tur dari atas perahu mengelilingi Raja Ampat atau menyelam di Raja Ampat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.