Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Dirgantara Pameran di Mal

Kompas.com - 06/10/2011, 21:42 WIB
Iwan Santosa

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Museum Dirgantara Yogyakarta membuat terobosan dengan membuat pameran di dalam mal di Yogyakarta, Kamis (6/10/2011). Pesawat Starlite PK-SLX buatan dalam negeri yang diparkir di lantai II Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, menjadi pusat perhatian pengunjung.  

Mayor (Sus) Subiyah dari Museum Dirgantara Yogyakarta menjelaskan, keberadaan pesawat buatan putra-putra Indonesia tahun 1986 tersebut merupakan salah satu koleksi museum yang diikutkan dalam Pameran Museum Yogyakarta 2011.

Dalam pameran yang mengangkat tema "Museum Goes to Mall" itu, Museum Dirgantara Mandala juga memamerkan enam pakaian seragam TNI Angkatan Udara dan 10 miniatur pesawat.

Subiyah menuturkan, keenam pakaian seragam tersebut terdiri atas pakaian seragam Satuan Musik, seragam dinas Bravo Paskhas, PDH Wara, pakaian penerbang tempur dan transpor, serta pakaian Karbol.

Sementara itu, miniatur pesawat, antara lain, Mig-19 Fighter, Tupolev TU-16 B/KS, Antonv AN-12 Cub, dan Well-1 RI-X. Sebelumnya dalam kirab Pameran Museum Yogyakarta 2011, Museum Dirgantara Mandala menampilkan Rudal Pesawat Strato-bomber tercanggih pada tahun 1960-an, yakni Tupolev TU-16 B/KS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com