Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Delay? Sebelum Marah-marah, Baca Tips Ini...

Kompas.com - 08/11/2011, 11:03 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com – Penundaan penerbangan atau delay dalam perjalanan wisata Anda memang tidaklah menyenangkan. Pastinya, ini hanya akan menimbulkan perasaan kesal, marah, dan kecewa.

Penundaan penerbangan terjadi karena beberapa faktor seperti cuaca yang buruk ataupun kesalahan teknis. Waktu penundaan bervariasi tergantung seberapa cepat kru maskapai dapat menyelesaikan masalah tersebut ataupun tergantung kapan cuaca menjadi aman untuk dilewati pesawat udara. Berikut ada tips bagaimana mengelola waktu penundaan penerbangan agar Anda tetap menikmati perjalanan Anda.

Pertama, bersikaplah tenang dan tahan emosi Anda terhadap saat mendapatkan pengumuman delay. Apabila Anda marah-marah terhadap kru maskapai penerbangan pun percuma dan tak akan membuat Anda lebih cepat melakukan perjalanan udara. Fokuskan perhatian Anda terhadap informasi keterlambatan yang diperbaharui. Lebih baik bila Anda menunggu di ruang tunggu keberangkatan untuk memastikan Anda dapat mendengar semua informasi terkini mengenai jadwal penerbangan.

Kedua, sibukkan diri Anda misalnya dengan mengobrol dengan penumpang yang lain atau berjalan-jalan di bandara untuk lihat-lihat berbagai stan yang ada di bandara. Boleh juga Anda membeli majalah untuk membuat Anda tetap sibuk dan menjauhkan diri Anda dari rasa gelisah akan menunggu.

Ketiga, beritahukan orang yang akan Anda temui di sana, ini mungkin cara terbaik untuk menunggu sampai Anda mendapatkan informasi terbaru. Pastikan Anda memiliki satu orang untuk dapat Anda hubungi bila Anda mendapatkan informasi terbaru.

Keempat, jika Anda ingin menghabiskan waktu dengan tidur, pastikan Anda memberitahu rekan seperjalanan Anda. Sehingga jika Anda tertidur sampai waktu penerbangan, ada seseorang yang akan membangunkan Anda. Jika Anda berpergian sendiri, tidurlah di boarding room dan beritahu petugas maskapai yang Anda akan naiki untuk membangunkan Anda saat waktu terbang sudah tiba.

Kelima, manfaatkan fasilitas bandara. Beberapa bandara internasional di luar negeri menyediakan kursi pijat sampai fasilitas spa. Jika Anda anggota maskapai tertentu, Anda bisa menikmati fasilitas lounge yang tersedia. Bahkan, di negara-negara tertentu juga memiliki hotel transit yang dapat disewa dalam hitungan jangka waktu tertentu.

Kelima, cari makan dan minuman. Jika perut Anda tidak terlalu lapar, konsumsi makanan atau minuman berbahan cokelat. Hal ini untuk mengurangi ketegangan Anda dan membuat Anda dapat kembali santai.

Keenam, aturlah transportasi alternatif bila ternyata penerbangan dibatalkan. Diskusikan kompensasi kepada kru maskapai penerbangan. Seringkali maskapai penerbangan akan menawarkan voucher untuk menginap di hotel atau penerbangan gratis.

Pastikan bahwa Anda tidak sedang mengambil keuntungan dari penundaan ini. Juga dengan sopan mengingatkan staf maskapai bahwa Anda adalah pelanggan yang membayar dan bahwa Anda pantas untuk menerima pembayaran atas pelayanan yang kurang.

Ketujuh, mintalah pengembalian dana. Jika semuanya gagal dan Anda tidak mampu lagi untuk melakukan perjalanan ini. Keberhasilan Anda mungkin tergantung apakah Anda memesan langsung tiket ke maskapai penerbangan atau melalui lembaga lain, serta jenis tiket yang Anda beli. Tetaplah gigih, dan Anda harus dapat menegosiasikan semacam kompensasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com