Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toilet Umum Tidak Ada di Pantai Menganti

Kompas.com - 25/01/2012, 20:46 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Parahnya infrastruktur penunjang pariwisata di sejumlah obyek wisata pantai di Kabupaten Kebumen terlihat di Pantai Menganti, Desa Karangdhuwur. Bahkan, di obyek tersebut, toilet umum pun tidak tersedia bagi wisatawan.

"Tidak ada toiletnya mas. Adanya yang dibangun sendiri oleh pemilik warung," ujar Sujirah (40) salah satu pedagang setempat, Rabu (25/1/2012).

Hal ini memperparah sulitnya infratruktur jalan menuju Pantai Menganti. Jalur yang berkelok-kelok diimpit jurang di kedua sisi jalan menjadi membahayakan karena lebar jalan hanya sekitar 3-4 meter. Akibatnya, tidak banyak wisatawan yang sampai ke pantai yang memiliki pasir putih dan dikelilingi gugusan karang yang indah tersebut.

Selain itu, sangat jarang bus umum yang melayani trayek wisata dari pusat kota Kebumen ke sejumlah obyek wisata pantai yang jarak tempuhnya berkisar 10-20 kilometer. Hal ini diakui Tarmudji (34), penjaga loket retribusi di Pantai Menganti.

"Kalau angkutan umum ke Pantai Menganti memang tidak ada. Kalau ke Pantai Logending dan Karangbolong, ada beberapa bus dari terminal Kebumen, meskipun enggak banyak," ujarnya.

Keindahan alam pantai selatan Kebumen menjadi sia-sia karena tidak ada fasilitas penginapan di sekitarnya. Padahal, banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di sejumlah pantai hingga malam karena ingin menyaksikan panorama matahari terbit dan tenggelam dari tepi pantai.

"Wah, sayang banget tidak ada penginapan. Padahal, sudah jauh-jauh ke sini, teapi harus segera pulang karena tidak ada penginapan. Sedangkan kalau pulang malam, kondisinya membahayakan karena hampir tidak ada penerangan di sepanjang jalan," tutur Tubagus Wisnu (29), wisatawan asal Bandung yang datang bersama tiga temannya. 

Ada Attachment Foto:
20120125GRE-Bahkan, Toilet Umum pun Tidak Ada di Pantai Menganti.JPG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com