Menparekraf Optimistis Kunjungan Kapal Pesiar Meningkat

Kompas.com - 12/04/2012, 15:06 WIB
EditorI Made Asdhiana

KUTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu optimistis kunjungan kapal pesiar ke Indonesia akan meningkat ke depannya. "Kami optimis kunjungan wisatawan kapal pesiar meningkat. Untuk itu, persiapan di pelabuhan yang dijadikan tempat berlabuh atau bersandar kapal pesiar itu infrastrukturnya juga ditingkatkan," kata Mari Pangestu di Kuta, Bali, Kamis (12/4/2012).

Pada acara "International Cruise Workshop" itu, Mari mengatakan, saat ini ada 25 pelabuhan strategis yang dikunjungi kapal pesiar. Dari jumlah tersebut, diprioritaskan 10 pelabuhan. "Kami prioritaskan 10 pelabuhan untuk kapal pesiar di Indonesia. Untuk tahun ini ditingkatkan sarana dan prasarana penunjang lainnya, di antaranya Pelabuhan Benoa (Bali), Tanjung Mas (Semarang) dan Tanjung Perak (Surabaya)," paparnya.

Menparekraf mengatakan, kunjungan wisatawan kapal pesiar pada akhir tahun 2011 mencapai 118 ribu dari delapan juta kunjungan wisatawan ke Indonesia. "Untuk tahun ini menargetkan kunjungan kapal pesiar sebanyak 119 ribu dari target kunjungan wisatawan sebanyak 10 juta orang," katanya.

Oleh karena itu, menurut Menparekraf, pihaknya terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana pelabuhan yang dijadikan pelabuhan untuk kapal pesiar. "Tahun ini kita targetkan kunjungan kapal pesiar ke Indonesia sebanyak 200 unit," ucap Mari yang didampingi Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Dirut PT Pelindo III Djarwo Sujanto.

Mari mengatakan, pihaknya sangat fokus menggarap potensi wisata kapal pesiar karena Indonesia adalah negara maritim, sehingga sumber daya kelautan menjadi salah satu pendukung terbesar negeri ini. "Karena itu sangat penting untuk menguatkan jejaring di dalam untuk melakukan koordinasi untuk mempersiapkan pelabuhan dan destinasi, agar selaras dengan kebutuhan dan permintaan pihak cruise operator," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.