Tips Liburan Hemat ke Dubai

Kompas.com - 08/05/2012, 12:51 WIB

KOMPAS.com - Dubai sangat identik dengan hal-hal yang serba mewah dan glamour. Kota itu penuh dengan pusat perbelanjaan untuk turis kaya, klub malam dan restoran yang mahal, serta hotel-hotel berbintang yang tarifnya selangit. Namun, anggapan bahwa Dubai adalah destinasi wisata yang mahal tidak sepenuhnya benar. Kota ini ternyata juga memberikan banyak pilihan untuk budget traveler.

Ada banyak cara supaya liburan ke Dubai bisa bersahabat dengan isi kantong budget traveler. Meskipun wisata gaya murah meriah, bukan berarti jalan-jalan ke Dubai menjadi tidak berkesan. Untuk merencanakan perjalanan hemat ke Dubai, simak beberapa tips berikut ini.

Penerbangan ke Dubai

Karena jarak yang ditempuh cukup jauh, harga tiket pesawat ke Dubai tidaklah semurah penerbangan ke Asia Tenggara. Namun, kalau Anda rajin mengikuti informasi promosi, tak terlalu sulit mendapatkan tiket penerbangan murah ke Dubai. Harga tiket Qatar Airways Jakarta-Dubai (via Doha) misalnya, dijual mulai Rp 4,3 juta saja untuk pulang pergi.

Pilihan lainnya bisa menggunakan Thai Airways, Royal Brunei, Yemenia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, Etihad, Emirates dan Garuda Indonesia. Rajin-rajin saja mengikuti informasi karena tiket promo biasanya hanya dijual dalam waktu yang singkat. Cobalah berlangganan newsletter maskapai penerbangan tersebut untuk mendapatkan informasi terkini mengenai program promosi.

Transportasi umum

Untuk berkeliling Dubai, sebagian besar turis biasanya menggunakan Dubai City Bus Tours yang tarifnya cukup mahal untuk ukuran budget traveler. Sebenarnya, ada pilihan yang jauh lebih murah dan tak kalah nyamannya. Dubai memiliki sistem transportasi umum yang cukup baik. Sebagian besar obyek wisata terkenal bisa dijangkau menggunakan bus, metro dan waterbus.

Menggunakan angkutan umum jauh lebih berkesan dari Dubai City Bus Tours yang sebagian besar penumpangnya hanya melulu turis. Anda bisa mengamati dan berinteraksi langsung dengan penduduk Dubai yang sangat multietnik. Kini juga ditawarkan tourist daypass yang harganya cukup murah. Kalau menggunakan tourist daypass ini, wisatawan bisa naik semua jenis angkutan umum tanpa batas dalam sehari.

Tempat belanja murah

Bagi kebanyakan orang Indonesia, kegiatan liburan di luar negeri belum lengkap tanpa acara belanja. Sebagai salah satu destinasi wisata belanja dunia, Dubai juga memberikan banyak pilihan tempat belanja murah. Kota ini adalah tempat yang tepat untuk berbelanja produk elektronik, tekstil dan barang-barang kerajinan dari Timur Tengah dan India. Kawasan yang terkenal sebagai tempat belanja murah di Dubai antara lain Satwa, Karama, Deira dan Bur Dubai.

Akomodasi

Dubai memang bukan surga backpacker seperti Bangkok dan Penang yang penuh dengan hostel dan guesthouse murah. Tapi ada cukup banyak budget hotel yang tarifnya tak jauh berbeda dengan hotel-hotel sekelas di kota-kota tujuan wisata lainnya seperti Singapura dan Hong Kong.

Tarif menginap di Easy Hotel, sebuah budget hotel terkenal di Dubai mulai Rp 200 ribuan per malam. Bagi yang suka dengan penginapan dormitory ala backpacker, Dubai juga memiliki Dubai Youth Hostel yang lokasinya tak jauh dari Dubai International Airport. (Hairun Fahrudin)



EditorI Made Asdhiana

Close Ads X