Kompas.com - 18/05/2012, 05:04 WIB
EditorI Made Asdhiana

PASURUAN, KOMPAS.com - Obyek wisata Gunung Bromo Jawa Timur dipadati pengunjung saat libur panjang yang bertepatan dengan libur sekolah siswa yang telah usai ujian.

Ketua Koperasi wisata Bromo Tengger Sejahtera Tosari, Trisno Sudigdo, Kamis (17/5/2012) menyebutkan, pengunjung obyek wisata Gunung Bromo lewat Pasuruan saat libur panjang dan bertepatan dengan libur sekolah meningkat sekitar 60 persen.

Trisno menyebut, jip wisata yang mengantar wisatawan ke Puncak Penanjakan Tosari dan laut Gunung Bromo setiap harinya berkisar antara 75 sampai 80 unit. Setipa jip wisata mampu mengangkut 6 wisatawan.

Trisno Sudigdo mengungkapkan, pengunjung obyek wisata Gunung Bromom lewat Tosari Pasuruan setiap harinya semakin meningkat karena obyek wisata andalan Jawa timur tersebut, kini telah menjadi obyek wisata tujuan.

Para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo biasanya mengambil paket Malang - Pasuruan - Bali. Di Malang wisatawan menginap di kota wisata Batu, kemudian meneruskan perjalanan ke Pasuruan seperti Taman Safari, dan Gunung Bromo, kemudian meneruskan ke Pulau Dewata.

Saat musim libur sekolah ini, menurut Trisno, pengunjung lebih banyak para siswa yang telah usai melaksanakan ujian. Rombongan yang biasanya ke Bromo menggunakan angkutan travel kecil, kini sudah ada yang sampai ke Tosari dengan menggunakan bus wisata ukuran 45 penumpang.

Wisatawan lokal berlibur ke Gunung Bromo saat liburan sekolah ini juga meningkat tajam, karena banyak para siswa menuju Bromo dengan menggunakan sepeda motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.