Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Bromo Dipadati Pengunjung

Kompas.com - 18/05/2012, 05:04 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Obyek wisata Gunung Bromo Jawa Timur dipadati pengunjung saat libur panjang yang bertepatan dengan libur sekolah siswa yang telah usai ujian.

Ketua Koperasi wisata Bromo Tengger Sejahtera Tosari, Trisno Sudigdo, Kamis (17/5/2012) menyebutkan, pengunjung obyek wisata Gunung Bromo lewat Pasuruan saat libur panjang dan bertepatan dengan libur sekolah meningkat sekitar 60 persen.

Trisno menyebut, jip wisata yang mengantar wisatawan ke Puncak Penanjakan Tosari dan laut Gunung Bromo setiap harinya berkisar antara 75 sampai 80 unit. Setipa jip wisata mampu mengangkut 6 wisatawan.

Trisno Sudigdo mengungkapkan, pengunjung obyek wisata Gunung Bromom lewat Tosari Pasuruan setiap harinya semakin meningkat karena obyek wisata andalan Jawa timur tersebut, kini telah menjadi obyek wisata tujuan.

Para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo biasanya mengambil paket Malang - Pasuruan - Bali. Di Malang wisatawan menginap di kota wisata Batu, kemudian meneruskan perjalanan ke Pasuruan seperti Taman Safari, dan Gunung Bromo, kemudian meneruskan ke Pulau Dewata.

Saat musim libur sekolah ini, menurut Trisno, pengunjung lebih banyak para siswa yang telah usai melaksanakan ujian. Rombongan yang biasanya ke Bromo menggunakan angkutan travel kecil, kini sudah ada yang sampai ke Tosari dengan menggunakan bus wisata ukuran 45 penumpang.

Wisatawan lokal berlibur ke Gunung Bromo saat liburan sekolah ini juga meningkat tajam, karena banyak para siswa menuju Bromo dengan menggunakan sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com