Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bukan Tujuan Favorit

Kompas.com - 01/06/2012, 12:25 WIB
Simon Saragih

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Indonesia bukan tujuan utama atau pilihan paling favorit bagi turis mancanegara dalam hal pariwisata. Di ASEAN pun, Indonesia kalah jauh dari Singapura, Malaysia, dan Thailand sebagai tujuan favorit wisata.

Demikian hasil kompilasi data yang dikirimkan World Economic Forum ke Redaksi Kompas, Jumat (1/6/2012).

Data ini mengompilasi sektor pariwisata di 139 negara sepanjang tahun 2011. Singapura tetap unggul sebagai tujuan utama turis di kawasan ASEAN, diikuti Malaysia dan Thailand. Di tingkat dunia, Singapura ada di urutan ke-10 sebagai tujuan wisata terfavorit. Swiss menempati urutan pertama di dunia.

Malaysia ada di urutan ke-35, Thailand (41), dan Brunai (67). Beberapa negara ASEAN, seperti Indonesia (74), Vietnam (80), Filipina (94), dan Kamboja (109), tertinggal jauh di belakang. Singapura menjadi tujuan paling favorit karena berbagai faktor, seperti kenyamanan dan kuatnya jaringan pariwisata.

Ada 14 faktor yang dijadikan sebagai dasar penyusunan peringkat itu, seperti kebijakan dan peraturan, kelestarian lingkungan hidup, keselamatan dan keamanan, kesehatan dan kebersihan, kekuatan industri pariwisata, keberadaan jaringan penerbangan, armada transportasi darat, infrastruktur pariwisata, jaringan internet, daya saing harga, pelayanan para pekerja, pertunjukan budaya, dan keindahan alam.

Singapura mengalahkan semua negara ASEAN dalam hal keindahan alam karena memiliki jaringan kuat dan pelayanan paling baik dalam hal turisme. Faktor infrastruktur dan kuatnya jaringan serta pelayanan baik menjadi faktor yang membuat Singapura paling unggul di ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com