Kompas.com - 11/06/2012, 13:11 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Hutan mangrove Bedul yang berada di pantai selatan Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur, kini menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

Setiap tahun, tidak kurang dari 3.000 wisatawan datang dan belajar berkonservasi di kawasan ini. Mereka bisa melihat dan berkeliling di kawasan pantai dengan naik perahu atau ikut menanam mangrove.

Kepala Desa Sumberasri Suyatno mengatakan, kawasan mangrove dibuka menjadi ekowisata sejak tahun 2009. Pengelolanya adalah warga sendiri.

"Dulu, hutan mangrove ini sempat dijarah warga. Justru kini (hutan ini) dilindungi karena warga sudah merasakan sendiri dampak kerusakannya, tak ada kerang dan ikan," kata Suyatno.

Tiket masuk mengunjungi kawasan inihanya Rp 2.500 per orang. Dari nilai itu, Rp 500 disisihkan untuk kegiatan konservasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.